Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Dibuka Hari Ini, Partai Perindo Kota Malang Pakai Sistem Canggih Jaring Bakal Caleg

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Heryanto

12 - Feb - 2018, 12:17

Placeholder
Pendaftaran bakal caleg Partai Perindo dilakukan melalui sistem langsung dan menggunakan sistem online yakni laman website dan aplikasi Android (foto: Perindo Kota Malang for MalangTIMES)

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Perindo Kota Malang resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) DRPD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kota Malang. Ada dua sistem pendaftaran yang mereka buka yakni langsung dan melalui sistem online. 

Ketua DPD Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly menjelaskan pendaftaran secara langsung resmi dibuka mulai hari ini (Senin, 12/2/2018).

"Hari ini pendaftaran langsung di sekretariat Partai Perindo Kota Malang," kata wanita yang akrab disapa Nelly ini pada MalangTIMES, Senin (12/2/2018).

Pengambilan dan pengembalian formulir dilakukan di sekretariat DPD Partai Perindo Kota Malang di Jalan Cokroaminoto Nomor 28 Kecamatan Klojen Kota Malang mulai 
pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

Untuk sistem langsung ini, Nelly menjelaskan serangkaian tahapan. Pengambilan dan pengembalian formulir dilaksanakan pada 12 Februari hingga 30 Maret 2018. Lebih lengkapnya bisa disimak pada grafis berikut ini. 

Selain melakukan pendaftaran secara langsung, DPD Partai Perindo Kota Malang mulai beralih dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu terobosan partai ialah sistem pendaftaran calon legislatif secara online

Nelly menjelaskan sistem online dipilih karena praktis dan efisien. "Zaman sekarang kan semua serba internet. Apa-apa online. Jadi Partai Perindo menerapkan sistem online termasuk untuk pendaftaran calon legislatif," papar dia. 

Lebih lanjut, Nelly mengungkapkan sistem ini sebenarnya sudah cukup lama berjalan. Partai Perindo pada bulan Juni tahun lalu meluncurkan pendaftaran online calon legislatif yang langsung dilakukan oleh Ketua Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Dikutip dari laman resmi partai, sistem pendaftaran online untuk calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota ini agar semua warga Indonesia memiliki kesempatan berpartisipasi membangun Indonesia. Khususnya bagi anak muda. Sistem online yang dimiliki oleh Partai Peindo ialah laman website dan aplikasi Android. 

Pendaftaran online calon legislatif ini kata Nelly merupakan terobosan Perindo yang belum diikuti oleh partai politik lain di Indonesia. "Ya setahu saya ini baru yang pertama ada untuk pendaftaran calon legislatif secara online," kata dia. 

Untuk Kota Malang, Nelly menjelaskan sistem pendaftaran online dilakukan melalui laman website www.partaiperindokotamalang.com. 

Saat ditanya tentang respon masyarakat akan sistem pendaftaran online caleg Partai Perindo Kota Malang ini, Nelly menjelaskan bahwa sistem tersebut berjalan dengan baik. 

"Ada pesan Whatsapp ke saya yang bilang dia sudah daftar caleg dan menunggu petunjuk selanjutnya. Berarti kan tidak ada masalah. Dan responnya sudah banyak juga masyarakat yang mendaftar caleg sejak Juni lalu sistem ini diluncurkan," tukas Nelly. (*)


Topik

Politik Partai-Perindo-Kota-Malang Laily-Fitriyah-Liza-Min-Nelly Pendaftaran-bakal-caleg-Partai-Perindo caleg-DRPD-Provinsi-Jawa-Timur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Heryanto