Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

DPRD Blitar Prihatin Banyak Bangunan Rusak Belum Tercover APBD 2018

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

14 - Feb - 2018, 17:50

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : solopos)

Komisi III DPRD Kabupaten Blitar mengaku prihatin dengan kondisi sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan yang ditemukan dalam sidak beberapa waktu lalu. Kerusakan tersebut cukup ironis, karena tidak dianggarkan dalam APBD 2018.

“Kerusakan infrastruktur disebabkan karena berbagai hal. Seperti bencana alam atau kerusakan yang diakibatkan oleh kualitas bangunan yang pas-pasan,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Nur Fathoni.

 Salah satu temuan komisi III itu, sambung dia, longsor yang menyebabkan penyempitan badan jalan.

"Salah satunya ada jalan yang longsor belum tertangani, bahkan belum dianggarkan dalam APBD 2018," tukasnya.

Dengan kondisi itu pihaknya mendesak Pemkab melalui instansi terkait segera turun tangan. Apalagi jika yang rusak merupakan akses jalan yang seharusnya menunjang kegiatan masyarakat. Belum lagi kerusakan infrastruktur lain, seperti jembatan dan bangunan lainnya.

"Salah satu yang rusak adalah infrastruktur jalan. Padahal jalan merupakan infrastruktur untuk menunjang kegiatan masyarakat. Belum lagi kerusakan infrastruktur lainnya," tandas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ditegaskan, berdasarkan hasil temuan sidak ini dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil instansi terkait. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Koordinasi tersebut perlu dilakukan untuk melihat anggaran dimasing-masing instansi untuk segera melakukan perbaikan.

"Tindaklanjutnya kita akan segera koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini dinas PURP dan BPBD," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Harpiyanto Nugroho mengatakan, kerusakan infrastruktur yang ditemukan dewan itu merupakan kerusakan baru sehingga belum dianggarkan dalam APBD 2018.

"Kerusakannya masih baru. Artinya infrastruktur itu rusak setelah APBD disahkan sehingga tidak teranggarkan," tuntasnya.(*)


Topik

Politik berita-blitar Badan-Penanggulangan-Bencana-Daerah Dinas-Pekerjaan-Umum-dan-Penataan-Ruang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto