Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Edukasi Siswa Sambut Imlek, Pelangi Basketball Academy Gelar Pertunjukan Barongsai

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

16 - Feb - 2018, 20:28

Placeholder
Pertunjukan Barongsai di GOR Pelangi Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

Pelangi Basketball Academy menghadirkan pertunjukan Barongsai menyambut Tahun Baru Imlek 2569, Jumat (16/2/2018). Acara digelar di Gor Pelangi, Kelurahan Turi, Kota Blitar. Acara disambut antusias siswa academy dan masyarakat.

“Pertunjukan barongsai ini digelar untuk menyambut tahun baru Imlek. Dan memberikan edukasi kepada siswa Academy,” kata  Ketua Harian Pelangi Basketball Academy, Daniel Lim.

Dijelaskan, Pelangi Basketball Academy anggotanya banyak yang masih anak-anak. Pertunjukan Barongsai ini untuk memperkenalkan budaya imlek kepada mereka. Daniel berharap lewat pertunjukan ini anak-anak bisa memahami lebih dalam Barongsai yang merupakan warisan budaya Indonesia dan dunia.

”Pertunjukan Barongsai ini selain menghibur juga memperkenalkan budaya imlek kepada anak-anak.Barongsai adalah seni budaya yang juga merupakan milik bangsa Indonesia,” tegasnya.

Pantauan BLITARTIMES pertunjukan Barongsai tersebut digelar pukul 14.00 WIB, setelah latihan Pelangi Basketball Academy latihan. Pertunjukan ini disambut antusias oleh masyarakat. Yang datang tidak hanya kaum Tionghoa, tapi juga banyak orang Jawa yang menyaksikan.

“Orang Jawa dan Tionghoa membaur jadi satu. Ini bagus sekali dan merupakan forum dimana kita mengenalkan keberagaman kepada anak-anak,” tukasnya.

Sore tahun baru imlek yang menyenangkan di Gor Pelangi ditutup dengan pertandingan persahabatan bola basket antara Hore Basketball Club, Alumni Pelangi dan Pelangi Legend. Pertandingan juga menampilkan orang tua siswa Pelangi Basketball Academy. “Pertandingan ini melibatkan semua karena memang digelar untuk menyambut imlek,” tuntas Daniel, yang juga Direktur Graha Bangunan dan Hore Basketball Club.

Baik orang tua khususnya anak-anak sangat terhibur dengan pertunjukan Barongsai kali ini. Barongsai menampilkan 21 remaja dari Yayasan Kelentheng Po An Kiong Blitar,  80%  pemain merupakan pelajar. Daniel, selaku pelatih Barongsai dan pengurus Yayasan Kelentheng Po An Kiong mengatakan, pertunjukan  ini menampilkan empat barongsai dan satu naga.

“Pertunjukan kali ini tidak ada cerita khusus, murni atraksi. Kami bersyukur pentas hari ini sukses dan semoga bisa mengedukasi anak-anak tentang  Barongsai,” pungkasnya.(*)


Topik

Peristiwa berita-blitar sambut-imlek Yayasan-Kelentheng-Po-An-Kiong-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya