Berdiri Sejak Sebelum Indonesia Merdeka, Inilah Kelebihan Soto Zaman Jepang.

Penjual soto saat melayani pembeli. (Ahmad Jafin / Jatim TIMES)
Penjual soto saat melayani pembeli. (Ahmad Jafin / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG –  Aroma gurih sudah tercium menusuk hidung ketika memasuki sebuah warung soto zaman Jepang yang ada di Pasirian Lumajang.

Warung yang terletak di pertigaan depan Rumah Sakit Pasirian tersebut, bisa ditempuh sekitar 45 menit dari  Lumajang dan hanya berjarak 25 km. Warung soto tersebut selalu ramai dikunjungi para penikmat kuliner.

Mulyadi, penjual soto kelahiran 1978 ini, mengaku sudah puluhan tahun menjual  soto yang diwariskan oleh kakeknya tersebut. Dalam sehari ia mampu menjual 100 piring soto.

Cucu generasi ke-3 dari kedua pasangan yang telah almarhum yakni Bapak Dilan dan Ibu Suati, masih melestarikan racikan bumbu soto zaman Jepang hingga sekarang. 

Mulyadi mengatakan, racikan bumbu pada soto zaman Jepang menggunakan koya racikan sendiri dari kelapa asli. Untuk bahan bakarnya masih menggunakan kayu untuk pembakaran masakan sotonya. Dan tentunya ada bumbu-bumbu rahasia yang memberikan perpaduan rasa ciamik soto legendaris tersebut.

"Saya turun-temurun tetap menggunakan koya murni dari kelapa asli, buat pembakarannya juga tetap kayu bakar. Dan tentunya ada bumbu-bumbu rahasia," ujarnya kepada media LumajangTimes sembari melayani pelanggan sotonya.

Fatimah (45), pelanggan soto zaman Jepang ini menuturkan bahwa rasa gurih yang ada pada soto tersebut beda dengan soto-soto yang lain. Kuahnya yang kental, terasa berani bumbunya. 

"Rasanya gurih, kuahnya kental. Beda dengan soto lain," pungkas Fatimah.

Yang menarik, Bajong dari rotan yang merupakan tempat penjualan soto ini, sudah digunakan secara turun temurun sejak zaman Jepang sampai sekarang. Karenanya sering ada yang menyebutnya sebagai Soto Zaman Jepang. 

Anda mengaku sebagai penikmat kuliner satu ini?. Warung ini buka mulai pukul 07.00 - 15.00 WIB, harga seporsi dibanderol dengan harga Rp 10.000.

 

Pewarta : Ahmad Jafin
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top