Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Saat Emil Ajak Sang Istri Cicipi Jajanan PKL di Alun-Alun Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

20 - Feb - 2018, 22:21

Placeholder
Emil dan Sang Istri saat memilih jalanan di PKL Alun-Alun Kota Batu, Selasa (20/2/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Kunjungan Calon wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak ke Kota Batu, langsung menyapa para Pedagang Kaki Lima di Alun-Alun Kota Batu. Rupanya Emil sangat peduli akan nasib para PKL di Kota Batu.

Sambil menyapa dan tersenyum menyambangi satu per satu PKL bersama sang Istri Arumi Bachsin tergoda dengan aroma-aroma makanan khas PKL di sekelilingnya. Tak luput dari pandangam mata, pasangan muda ini tergiur dengan Jajanan lok-lok.

Dengan cekatan Emil dan Arumi memilih jajanan lok-lok seperti cumi-cumi. Saat cumi-cumi itu mulai dibakar aroma sedap dari bumbu itu membuat Arumi tidak sabaran untuk mencicipinya.

“Hmmmmm... baunya enak. Ini loh makanan Indonesia bumbunya dan rasanya itu khas sekali. Jujur saya memang suka jajanan PKL, seperti ni bisa saya cobaim satu-satu,” ungkap Arumi sambil mencicipi jajanannya, Selasa (20/2/2018).

Tidak hanya jajanan yang membuat Emil dan Arumi tertarik, rupanya kreativitas kerajinan dari PKL itu membuat kagum. Karena itu sesekali Emil mengamati kerajinan milik para PKL Alun-Alun Kota Batu

Calon wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan  keberadaan PKL memang selalu dikaitkan dengan tidak tertata (semrawut), tetapi hal tersebut menjadi daya tarik wisata. Artinya, selama bisa ditata, menjaga kebersihan, dan ditambah dengan kreativitas yang dijual itulah yang akan menjadi daya tarik.

“Memang selama ini PKL kesannya semrawut. Tapi hal ini bagi saya daya tarik tersendiri. Kalau bisa ditata jadi jadi satu kawasan, lalu yang dijual ada nilanya kreativitasnya akan menjadi daya tarik tersendiri terutama wisatawan,” ungkap Emil.

Ia menambahkan PKL Alun-Alun Kota Batu sangat baik dan kreatif yang Kedepannya bisa menjadi bagian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan mendapatkan dorong untuk berkembang agar usaha yang rata-rata perseorangan itu bisa bertahan di tengah bergeliatnya PKL.

“Kalau masuk UMKM supaya bisa berkembang. Mendorong UMKM lebih punya daya tahan menghadapi naik turun prospek usaha,” imbuhnya.

Karena itu, ia menyarankan pembiayaan untuk pelaku usaha yang masuk dalam paguyuban bernaung di bawah koperasi. “Untuk mewujudkan misalnya beli gerobak didorong lewat koperasi,” jelas mantan Ketua NU Jepang ini.

Jika nantinya terpilih rupanya Emil bakal mencoba programnya saat memimpim Kabupaten Trenggalek yakni program kredit gangsar (Pedagang Pasar) menghindari meminjam di rentenir. Dalam program ini tentunya memberikan bunga rendah dengan menggunakan sistem renteng.

“Sistem renteng kalau tidak bisa melunasi, teman yang lain bisa meng-cover. Sistem ini yang mereka bisa mengakses pinjaman tanpa agunan yang selama ini mereka dapat dari rentenir,” tambahnya.

Selain ke Alun-Alun Kota Batu, terlebih dahulu Emil bersilahturahmi di kantor NU. Kemudian melangsungkan ibadah salat bersama Istri di Masjid An-Anur.


Topik

Politik Kunjungan-Calon-wakil-gubernur-Jawa-Timur Emil-Dardak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya