Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringatan Tak Digubris, Warga Probolinggo Terbiasa Melempar Sampah Sembarangan

Penulis : Agus Salam - Editor : Heryanto

25 - Feb - 2018, 21:41

Placeholder
Sampah Berserakan ke bahu jalan di Probolinggo mengganggu pengendara, Minggu (25/2/2018) (Agus Salam/Jatim TIMES)

Dua Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sepertinya perlu diperhatikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sebab, TPS yang barada di Jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting, Kecamatana Kanigaran, Kota Probolinggo itu, sampahnya berserakan.

Padahal, dua TPS yang berlokasi di barat jalan tersebut tidak penuh, namun sampahnya berserakan hingga memakan jalan.

Dimungkinkan warga warga sekitar dan pengendara seenaknya membuang sampah. Mereka melempar sampah rumah tangganya dari atas kendaraannya tanpa berhenti. Sedang warga sekitar, membuang sampahnya tidak di TPS, tetapi di luar TPS.

Bahu jalanpun penuh dengan sampah hingga meluber ke jalan citarum. Tak hanya sampah rumah tangga, sisa potongan kayu alias rantingpun dibuang di sana.

Bahkan, hewan yang matipun dibuang di TPS tersebut. Padahal, di dekat TPS bagian selatan ada baliho yang isinya himbauan dan peringatan membuan sampah sembarangan. Meski disertai ancaman hukuman, tetap tak dihiraukan. 

Mereka tetap melempar sampah yang dibawa dari rumahnya dari atas kendaraannya. Saat ditanya ke warga yang memiliki lahan pertanian di dekat TPS, mengaku tidak tahu. Pria yang tidak menyebutkan namanya tersebut, tidak begitu memperhatikan sampah.

“Tidak tahu saya pak. Saya kan bukan warga sini. Meski saya seruing ke sawah, saya tidak memperhatikan siapa yang membuang sampah dio sini,” tandasnya.

Pria yang bersama istrinya melihat orang yang bekerja di sawahnya tersebut mengatakan, sampah berserakan dan menumpuk di bahu jalan sepertinya sudah lama. Ia sempat melihat Tbersih, namun tak berapa lama, sampajh menumpuk dan meleuber ke jalan lagi.

Mereka juga tidak tahu, siapa yang membuang sampah, sehingga TPS bersih. “Sepertin ya ada yang membersihkan. Tapi lama-lama numpuk lagi,” pungkasnya.

Terpisah, Sunyoto, Kabid persampahan pada DLH mengatakan, pihaknya tidak pernah terlambat mengangkut sampah dari TPS ke TPA (Tempat Penimbunan Akhir). Dimungkinkan, sampah menumpuk karena petugas masih belum selesai membersihkan di TPS lain.

“Begitu mendangar sampah menumpuk di Citarum, kami langsung meminta dibersihkan ke petugas. Ya, hari ini kami bersihkan,” ujar Sunyoto.

Bahkan dirinya meminta ke petugas untuk menurunkan alat berat. Mengingat di dua TPSA tersebut ada berbagai jenis sampah diantaran ya, sampah kelujarga dan hewan periayaan yang mati dib uang ke TPS trersebut.

Selain itu, ada sampah belin atau kaca yang tentunya membahayakan petugas, jika dibersihkan secara manual oleh petugas. “Kami kirim alat berat. Soalnya, di sana ada sampah hewan dan pecah belah,” tandasnya.

Pria yang biasa dipanggil Nyoto ini berharap, warga tidak membuang sampah pecah-belah dan hewan yang sudah mati di TPS. Ia juga berharap warga membaca himbauan dan peringatan yang tertulis di dekat TPS.

Ia berharap seperti itu bukannya tidak ingin mengangkut sampah di TPS, tetapi ingin menumbuhkan kesadaran, agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Bukan kami tgiudak mau meengangkut. Tapi kami kepingin, kesadaran muncul pada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi agar warga tidak seesnaknya membuang sampah, pihaknya akan meletakkan petugas jada di TPS. Teritama TPS yang besar seperti di Ungup-ungup, Kelurahan Kanigaran. Hanya saja belum diketahui, kapan rencana baik itu terlaksaana.

“Rencananya seperti itu. Minimal satu petugas di TPS. Ya awalnya di TPS yang volume sampahnya banyak. Kalau ada penjaganya, kan masyarakat tidak seenaknya membuang sampah,” pungkasnya. 


Topik

Peristiwa Dinas-Lingkungan-Hidup-(DLH)-Probolinggo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

Heryanto