Serunya Wisata Edukasi Perah Susu Sapi di Coban Talun

Salah satu pengelola memberikan makan sapi di area peternakan Kelompok Tani Wonorejeki, Coban Talun di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu pengelola memberikan makan sapi di area peternakan Kelompok Tani Wonorejeki, Coban Talun di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Coban Talun yang terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji tidak hanya sekedar menyuguhkan wisatanya alam. Tapi juga menyuguhkan wisata edukasi perah susu sapi yang dibuka untuk umum.

Mulanya di sana hanyalah digunakan untuk lahan peternakan sapi, kemudian setelah mendapatkan bantuan sapi dari Pemkot Batu dikembangkan juga sebagai wisata edukasi yang dikelola oleh Kelompok Tani Wonorejeki. Terdapat 75 ekor sapi, 70 ekor sapi betina dan 5 ekor sapi pejantan.

“Kelompok tani mendapatkan bantuan sapi. Namun sebagian sapi yang dari bantuan itu banyak yang mati, tapi lama-kelamaan juga dapat menghasilkan anak sapi yang banyak. Saat ini jumlahnya hingga 75 ekor itu,” ungkap Prasetyo Wibowo, pengelola wisata edukasi perah susu sapi, Selasa (13/3/2018).

Untuk wisata edukasi biasanya akan digunakan dua ekor sapi betina. Agar bisa mendapatkan wisata edukasi ini wisatawan hanya merogoh kocek Rp 15 ribu per orangnya.

Dengan harga tersebut wisatawan akan mendapatkan segelas susu segar. Kemudian belajar memberikan makan sapi, dan cara memerah sapi. 

“Khusus untuk wisata edukasinya kami siapkan dua ekor sapi betina. Sebab tidak sembarangan sapi. Ada edukasi memberikan makan sampai memerah susunya, dan jamnya tidak dibatasi,” katanya saat ditemui di lokasi wisata edukasi.

Ia menambahkan rata-rata yang mengikuti wisata edukasi dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) dari berbagai kota. Yang sudah menjadi langganan dari area Jawa Timur dan Palembang.

Selain itu hasil perah susu sapi tersebut biasanya dikonsumsi oleh wisatawan yang mengikuti outbound di Coban Talun.

Menurutnya di Desa Tulungrejo ini menghadirkan desa wisata dengan memanfaatkan beragam wahana yang dimiliki desa tersebut. Ya hingga saat ini jika memasuki desa ini bisa berwisata petik apel, wisata dengan beragam spot swafoto di Coban Talun dan sebagainya.

“Kami ingin memajukan desa wisata dengan mengangkat potensi yang ada di sini,” tutup Pras kepada BatuTIMES.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : bayu pradana
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top