Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Cara Jitu Mengambil Sejuta Manfaat Dari Bank Sampah

Penulis : Ahmad Jafin - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

16 - Mar - 2018, 10:31

Placeholder
Hasil pengumpulan sampah kategori berdaur ulang saat dilakukan penimbangan (Foto : Ahmad Jafin / Jatim TIMES)

 Hampir semua orang seringkali menganggap sampah sudah menjadi musuh yang harus dibuang jauh-jauh. Selain kotor dan berbau, tumpukan sampah bisa menimbulkan masalah bagi lingkungan dan membawa berbagai macam penyakit hingga berdampak pada kesehatan. 

Padahal, sampah akan bisa memberikan manfaat besar apabila dikelola dengan baik dan benar.

Seperti yang dialami Andito (42), dirinya mengakui merasa terbantu dengan adanya program Bank Sampah ini. Dari sini, ia bisa mengais rezeki tambahan. "Beberapa kali saya bersyukur mendapatkan tambahan rezeki dari adanya program ini," kata Andito saat menerima lembaran uang dari hasil penjualan sampah.

Melalui Bank Sampah Induk Kalpataru Lumajang ini, masyarakat kini diajak untuk mampu mengelola sampah secara mandiri menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai ekonomis.

"Dalam Bank Sampah Induk Kalpataru Lumajang ini, kami mengajak semua elemen masyarakat Lumajang untuk peduli terhadap sampah. Caranya adalah dengan memisahkan sampah yang bisa didaur ulang, untuk kemudian ditabung di Bank Sampah," ujar Danar Indrakusuma Sukoco, S.E Direktur Program Bank Sampah Induk Kalpataru kepada Lumajangtimes saat dihubungi via seluler pada Jum'at pagi (16/03/2018).

Lanjutnya, adanya program Bank Sampah dapat memberikan kemudahan dan harapan baru yang lebih baik bagi masyarakat, karena bisa digunakan sebagai tambahan pendapatan untuk kesejahteraan hidup, diantaranya tambahan untuk membayar listrik, PDAM, tabungan untuk hari raya, hingga tambahan membayar pendidikan dan BPJS.

Untuk memperoleh hasil tambahan, masyarakat bisa menyetor kumpulan sampah berdaur ulang, seperti bekas botol air mineral baik berupa plastik maupun gelas, kardus, besi, tembaga, alumunium, dan kertas HVS. Bahkan program ini juga melayani pengambilan sampah dari rumah, sekolah dan kantor.

"Dengan program ini agar masyarakat bisa mendapatkan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan. Sekaligus ini merupakan langkah pengurangan sampah dan program berbasis ekonomi kerakyatan. Dari pada sampah layak jual itu dibuang percuma, lebih baik disetor bisa menambah pendapatan," pungkas Danar laki-laki yang pernah aktiv diberbagai organisasi.

Berdiri pada tahun 2016 yang beralamatkan di jalan Langsep nomer 15 Kelurahan Kepuharjo, Lumajang, kini Bank Sampah Induk Kalpataru di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup itu semakin aktiv melakukan kegiatannya mengelola persampahan.


Topik

Pemerintahan berita-lumajang sejuta-manfaat-bank-ssampah daur-ulang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Jafin

Editor

Moch. R. Abdul Fatah