Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Nasim Khan, Rawat 4 Pilar Kebangsaan Dari Kota Hingga Plosok Desa

Penulis : Heru Hartanto - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

17 - Mar - 2018, 07:47

Placeholder
Anggota DPR RI DPRI dari PKB, Ir. H. Nasim Khan saat menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan di aula Kelurahan Mimbaan ( Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

 Anggota MPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ir. H. Nasim Khan kembali melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia) di Kabupaten Situbondo. Sosialisasi yang dihadiri seluruh kades dan perangkat desa se Kabupaten Situbondo ini mengambil tema “Merawat Pancasila dari Desa”, Sabtu (17/03/2018).

Sosialisasi 4 pilar yang berlangsung kemarin (16/03) di Aula Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo tersebut, mendapat apresiasi dan serius dari seluruh peserta yang ikut hadir dalam sosialisasi itu.

Anggota MPR RI dan DPR RI dari PKB, Ir. H. Nasim Khan dalam meteri sosialisasinya mengatakan bahwa, perangkat desa sebagai ujung tombak dari Pemerintahan Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan Pusat merupakan bagian dari struktur pemerintahan yang paling bawah dan mempunyai andil besar dalam menjaga 4 pilar kebangsaaan.

"Nilai-nilai kebhinnekaan penting untuk di jaga bersama, karena hal tersebut menjadi simbol dari identitas kebangsaan dan wujud dari Pancasila," jelas Nasim Khan dihadapan peserta 4 pilar kebangsaan.

Kepala desa dan perangkat desa itu, kata Nasim Khan, punya andil besar untuk menjaga keharmonisan, kerukunan ummat beragama kepada masyarakatnya dengan nilai-nilai kebhinnekaan, persatuan dan kesatuan bangsa, aturan dan budaya.

"Kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan bangsa, kerukunan ummat beragama berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Untuk itu, saya minta kepada para peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, jangan sampai karena perbedaan suku ras dan pemahaman agama, masyarakat bisa bercerai berai,” tegasnya dihadapan peserta sosialisasi.

Lebih lanjut, pria yang pernah menglanglang buana dalam dunia artis dan foto model ini mengatakan, kepala desa dan perangkat desa mempunyai tempat di hati masyarakat. Karena, selain memiliki kedudukan pemerintahan paling bawah juga menjadi tempat yang strategis bagi masyarakat dalam mengadukan berbagai persolan yang berkembang di baris paling bawah. Untuk itu, sudah sepantasnya kades dan perangkat desa menjadi mintra pemerintah pusat untuk turut serta mensosialisasikan dan mengamalkan empat pilar kebangsaan itu.

“Apabila masyarakat di arus yang paling bawah suruh menghafalkan poin per poin dari empat pilar kebangsaan itu tidak mungkin hafal. Namun saya yakin, bapak ibu yang hadir dalam kegiatan ini mampu mensosialisasikan dan mengamalkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan itu kepada masyarakat di desanya masing-masing. Dengan merajut nilai-nilai kesatuan persatuan dan keharmonisan dalam bernegara, berbangsa dan bermasyarakat dengan menjunjung tinggi norma dan nilai yang sudah tertanam di masyarakat, maka insyaallah bapak ibu bisa mengamalkan 4 pilar kebangsaan kepada masyarakatnya," ujarnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan politisi PKB jebolan ITN Malang itu, namun dia juga berpesan kepada para pesrta sosialisasi 4 pilar kebangsaan untuk senantiasa antisipasi gerakan radikal dan intoleran yang mulai berkembang hingga ke pelosok desa. Gerakan itu sering kali membawa isu sentimentil politik dan agama yang membawa perpecahan di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Isu sentimen politik dan agama, masih terus dimainkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab, tujuannya agar bangsa kita pecah belah. Untuk itu, mari kita jaga bersama NKRI dari tangan-tangan jahil orang tak bertanggungjawab tersebut. Dengan kebersamaan dan mengamalkan atau menularkan 4 pilar kebngsaan ini kepada lapisan masyarakat yang paling bawah, maka saya yakin bangsa ini akan tetap kokoh berdiri walaupun diterjang berbagai macam isu tersebut," pungkasnya. (*)


Topik

Politik berita-situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Heru Hartanto

Editor

Moch. R. Abdul Fatah