Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Blanko E-KTP Didistribusikan ke Kecamatan, Warga Tidak Perlu Jauh Urus Kependudukan ke Kabupaten

Penulis : Nana - Editor : Heryanto

19 - Mar - 2018, 14:56

Placeholder
Pelayanan E-KTP di Kecamatan Pagelaran. Kini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus E-KTP ke kantor Pendukcapil Kabupaten Malang, cukup di kantor kecamatan masing-masing (Istimewa)

Memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang. Contohnya adalah dengan mendistribusikan blangko E-KTP ke 33 kantor Kecamatan di wilayah terluas ke dua di Jawa Timur (Jatim) . 

Pendistribusian blangko E-KTP tersebut sebagai upaya untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dalam memiliki kartu identitas kependudukan yang selama ini masih ditangani total di Kantor Pendukcapil. 

Seperti diketahui, pelayanan kependudukan yang tersentral di kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang telah membuat ratusan bahkan sempat mencapai ribuan masyarakat memadati kantor yang dipimpin oleh Sri Meicharini, setiap harinya. 

"Dari kami tetap melayaninya. Seberapa banyak pun warga yang datang. Tapi,  kasihan dengan warga yang domisilinya jauh. Tentunya menjadi tidak efektif dan efisien," kata Sri Meicharini Kadispendukcapil Kabupaten Malang, yang kerap disapa Rini, Senin (19/3/2018). 

Selain hal tersebut,  Dispendukcapil juga mengejar target penyelesaian bagi warga yang masih memegang Suket (Surat Keterangan) pengganti E-KTP.  Pun, melayani warga baru yang usianya di tahun ini masuk sebagai wajib E-KTP. 

Hal ini dalam upaya menyongsong perlehatan Pilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 serta Pemilu 2019 mendatang. 

"Dengan adanya Pilkada tersebut,  kita upayakan masyarakat bisa lebih cepat mengurus E-KTP di wilayahnya masing-masing melalui kantor Pemerintahan Kecamatan, " ujar Rini kepada MalangTIMES. 

Disinggung mengenai berapa banyak blangko E-KTP yang telah didistribusikan,  Rini menyampaikan setiap kecamatan tidak sama jumlahnya dalam menerima blangko.

"Disesuaikan dengan jumlah penduduk yang ada di kecamatan tersebut. Kalau rata-ratanya setiap kecamatan sekitar 1.400 keping, " terangnya. 

Yang pasti,  lanjut Rini,  pihaknya telah membagi blangko E-KTP ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Dimana secara jumlah,  Kecamatan Kasembon yang terbilang terendah mendapatkan blangko yaitu sebanyak 500 keping. 

Sedangkan untuk yang tertinggi diterimakan di kecamatan Singosari sebanyak 3.800 keping. "Lainnya ada yang dua ribu keping dan lainnya, " ujarnya. 

Kembali mengaktifkan pelayanan kependudukan di kecamatan juga kerap dilontarkan oleh Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dalam setiap agenda kegiatan. Orang nomor satu di Kabupaten Malang ini menilai kalau tetap tersentral di kantor Dispendukcapil,  pelayanan tidak akan terlalu efektif. 

"Maka jalannya adalah kecamatan wajib diaktifkan lagi untuk melayani hal tersebut, " ujar Ketua DPW Partai NasDem Jatim ini. 

Beberapa kendala mengenai peralatan rekaman dan cetak E-KTP yang rusak di kecamatan, Rendra menegaskan, hal tersebut bisa dicarikan jalan keluarnya.

"Tidak akan menghabiskan biaya banyak. Apalagi saya pikir semua peralatan itu bisa berfungsi normal di kecamatan. Kendala utamanya dulu kan tidak adanya blangko saja," ucap Rendra. 

Kini,  dengan adanya blangko E-KTP yang sudah didistribusikan oleh Dispendukcapil,  masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh dan mengantri bersama ratusan bahkan ribuan warga lainnya untuk mendapatkan identitas wajib kependudukan. 

"Semoga ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan identitas kependudukan secara cepat dan terjangkau. Sehingga berbagai keperluan yang mewajibkan adanya E-KTP bisa dipenuhi," pungkas Rini. 


Topik

Pemerintahan berita-malang Dinas-Kependudukan-dan-Catatan-Sipil-(Dispendukcapil) Kabupaten-Malang Blanko-E-KTP-Didistribusikan-ke-Kecamatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Heryanto