Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

BP2D Incar Tempat Kos di Kota Malang, Ada Apa?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

19 - Mar - 2018, 15:42

Placeholder
Petugas saat menempel imbauan di pada kantor wajib pajak hotel (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) akan berkirim surat untuk mengumpulkan para Ketua RT maupun RW serta Kelurahan untuk mendata secara detail tempat-tempat kos di daerahnya yang masuk kategori wajib pajak.

Sekretaris BP2 D Kota Malang, M Toriq mengungkapkan untuk memaksimalkan pajak kos pihaknya berencana mengumpulkan seluruh pemilik kos-kosan di Kota Malang melalui RT, RW dan Kelurahan untuk didata apakah di daerahnya banyak tempat kos yang masuk kategori kena pajak atau tidak.

"Namun untuk itu, sebelumnya, kami akan meminta kelurahan untuk membantu mengidentifikasi dimana saja tempat kos di daerahnya yang harus memenuhi kewajibannya," jelasnya, Senin (19/3/2018).

"Di kota Malang dengan jumlah perguruan tinggi yang cukup banyak pastinya banyak sekali tempat kos yang masih belum tersentuh," tambahnya.

Dengan pendataan tersebut, BP2D bisa punya database sementara yang nantinya akan di-cross check secara langsung apakah benar jumlah kamar kos yang dimiliki sesuai yang dilaporkan.

"Kos-kosan yang kena pajak minimal 10 kamar. Kalau awalnya lima, terus dilihat lagi bertambah lima kan berarti kena pajak sehingga pemilik kos harus sadar itu," bebernya.

Sementara itu, dalam operasi sadar pajak, BP2D mengimbau wajib pajak hotel yang punya tunggakan pajak selama setahun di daerah Tologomas, yakni Padi Heritage.

Di tempat tersebut, BP2D menempelkan imbauan kepada pengelola hotel yang mempunyai tanggungan pajak sejak 2015 sampai 2016 sebesar Rp 11 juta.

Ditempat tersebut, petugas juga menempelkan stiker  informasi bahwa tempat tersebut dalam pengawasan BP2D karena menunggak pajak.


Topik

Pemerintahan berita-malang badan-pelayanan-pajak-daerah pemerintah-kota-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto