Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Persebaya Fokus Pembinaan Pemain daripada Naturalisasi

Penulis : Phaksy Sukowati - Editor : Yunan Helmy

21 - Mar - 2018, 13:17

Placeholder
Presiden Persebaya Azrul Ananda bersama Ferinando Pahabol.

Naturalisasi sejumlah pemain asing yang terus berlangsung di sepak bola tanah air mengundang banyak kata tanya dari para pemerhati sepak bola nasional. Bagi mereka, naturalisasi pemain tidak lebih dari dua sisi mata pisau. Bisa meningkatkan kualitas tim, namun di sisi lain menghambat bahkan membunuh regenerasi sepak bola dalam negeri.

Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda memilih realistis dalam melihat fenomena naturalisasi pemain asing yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh sejumlah klub tanah air. Sebab, menurut dia, untuk mengejar prestasi, kehadiran pemain naturalisasi sejatinya membantu klub untuk mencapai target yang mereka inginkan. Namun, tapi negatif untuk tujuan pembinaan.

"Meski saat ini tidak menggunakan pemain naturalisasi, namun kami tidak anti-naturalisasi. Fokus kami memang pada pembinaan usia muda. Buktinya, mayoritas pemain Persebaya saat ini rata- rata di bawah usia 24 tahun. Kami juga memiliki klub di Liga 3 bernama PS Kota Pahlawan untuk menampung pemain-pemain U-23," jelasnya.

Menurut Azrul, saat masih menjadi komisioner liga profesional basket tanah air selama 5 musim, dia juga mengalami hal serupa dengan di sepak bola. "Kami memutuskan untuk memangkas semua cara cara instan itu. Hasilnya, tim basket Indonesia bisa meraih medali perak di SEA Games 2015 lalu. Intinya, proses tidak pernah mengkhianati hasil," tegas ayah tiga anak itu. (*)


Topik

Olahraga berita-surabaya Persebaya-Fokus-Pembinaan-Pemain-daripada-Naturalisasi Presiden-Persebaya-Surabaya-Azrul-Ananda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Phaksy Sukowati

Editor

Yunan Helmy