Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas Ini Modus TKI Selundupkan Sabu, Mulai yang Tidak Tahu hingga Lewat Anus

Ini Modus TKI Selundupkan Sabu, Mulai Dijebak hingga Gunakan Anus

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Mar - 2018, 15:44

Placeholder
Paosi dan Surimah saat ditunjukkan beserta barang bukti sabu seberat 1,062 kilogram

Surimah (36) hanya bisa tertunduk saat dikeler petugas Bea dan Cukai Pabean Juanda, Sidoarjo. Saat wartawan menanyakan apakah dirinya mengetahui barang titipan rekan TKI-nya itu berisi narkoba, dia hanya menggelenggakan kepala saja.

Raut muka lemas dan pandangan kosong nampak terlihat jelas. “Mungkin dia tak sangka jika rekannya TKW bernama Titi Sumiati menitipkan narkoba di dalam alat penanak nasi (rice cooker),” kata Kepala Bea dan Cukai Pabean Juanda Budi Harjanto.

Budi menjelaskan, Surimah ini merupakan TKW illegal di Kuala Lumpur yang hendak pulang ke Indonesia melaui Bandara Juanda, Jumat (16/3). Saat pulang, dirinya dititipi barang berupa rice cooker yang di dalamnya terdapat bawang merah dan bawang putih.

Hanya saja, saat alat X-Ray membaca ada yang mencurigakan. Petugas pun melakukan pemeriksaan. "Nah saat diperiksa ternyata ada barang kristal yang diduga mirip narkoba,” paparnya.

“Saat dilakukan tes laboratorium, terbukti kristal tersebut adalah narkoba jenis sabu,” tandas mantan Kepala Bea Cukai Bandar Udara, I Gustri Ngurah Rai Bali ini.

Dari hasil penyelidikan, Surimah warga Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, ini diketahui membawa narkoba seberat 925 gram.

Sementara itu pelaku lain Paosi (26) asal Madura memang ternyata dikirim khusus ke Kuala Lumpur untuk berpesta narkoba. Usai pesta dia pulang membawa dua paket narkoba untuk dikirim ke Madura.

"Menurut pengakuan Paosi, dirinya 14 hari berada di Kuala Lumpur dan pulang membawa narkoba,” jelas Budi Harjanto kembali.

Budi memaparkan, pelaku merupakan joki motor liar yang juga menjadi pemakai narkoba. Bahkan, pelaku mengaku jika sebelum pulang ke Indonesia melalui Bandara Juanda, pelaku malamnya bersama rekan pesta narkoba di hotel.

Usai pesta, Senin (12/3) dini hari, pelaku bersama rekannya membungkus narkoba jadi dua paket dengan balon karet. Usai narkoba terbungkus bulat sebesar bola golf, kedua bola tersebut dimasukkan rekan-rekan pelaku ke duburnya.

“Pelaku menggunakan pesawat Air Asia XT 327 dari Kuala Lumpur ke Surabaya. Saat diperiksa ditemukan 137 gram sabu dalam duburnya,” imbuh Budi.


Topik

Hukum dan Kriminalitas berita-surabaya Modus-TKI-Selundupkan-Sabu petugas-Bea-dan-Cukai-Pabean-Juanda-Sidoarjo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni