Yummy, Nikmatnya Libur Akhir Pekan Bersama Ikan Bakar Gurami Khas Kabupaten Malang

Ikan Gurami bakar khas Malang, pelengkap lokasi wisata yang digandrungi pengunjung dalam dan luar kota (Ist)
Ikan Gurami bakar khas Malang, pelengkap lokasi wisata yang digandrungi pengunjung dalam dan luar kota (Ist)

JATIMTIMES, MALANG – Tidak bisa dipungkiri bahwa populernya suatu daerah tidak hanya karena potensi wisatanya belaka. Sektor kuliner dengan ciri khasnya mampu menjadi penguat ketenaran sebuah daerah.

Selain melengkapi sektor pariwisata, kuliner menjadi kebutuhan dasar para wisatawan yang telah jauh-jauh datang untuk juga mencicipi berbagai makanan yang disajikan. 

Ikan bakar Gurami khas Kabupaten Malang adalah salah satu kuliner yang kerap menjadi buruan warga yang bertandang ke lokasi wisata. Selain cita rasanya yang segar,  kebanyakan rumah makan atau Pujasera tersebut memiliki kolam khusus untuk ikan gurami yang masih hidup. 

Cara mengolah dengan racikan bumbu yang berlimpah menambah nikmatnya sajian pelengkap wisata yang dikunjungi.

"Ikan bakar gurami menjadi menu kami setiap kali berkunjung ke lokasi wisata. Rasanya enak dan tentu sehat karena ikannya segar. Gurami di Kabupaten Malang juara, mas, " kata Iqbal (47) warga Surabaya yang datang bersama keluarganya ke rumah makan Ikan Gurami di wilayah Talangagung,  Kepanjen, Minggu (1/4/2018). 

Iqbal melanjutkan dirinya habis berkunjung dari lokasi wisata gunung Kawi. "Dapat informasi ada tempat makan khusus ikan gurami di Kepanjen. Saya akhirnya ke sini, " ujarnya yang kagum dengan cita rasa dan lokasi rumah makan bernuansa alam tersebut. 

Daging ikan gurami yang tebal dan tentunya tidak memiliki banyak duri,  disiram bumbu yang tepat serta dilengkapi sambal dan sayuran. Plus angin semilir serta pemandangan alam pedesaan, menambah nafsu makan semakin bertambah. 

"Apalagi untuk sampai ke lokasi,  kita berjalan kaki dulu menuruni jalan setapak cukup lumayan jauh. Jadi nambah kenikmatan makan ikan gurami, " imbuh Iqbal. 

Ikan bakar gurami khas Kabupaten Malang juga jadi hidangan dibeberapa lokasi wisata pemandian. Misalnya, di wisata Water Boom,  Bululawang. Wisata renang untuk keluarga ini juga menyajikan menu utama dan khas bagi para pengunjung,  baik dari warga sekitar maupun luar kota. 

Yuni Amalia Indrastuti yang datang ke wisata pemandian bersama dua anak dan beberapa rekan kerjanya, tertarik untuk menikmati yummy-nya ikan bakar gurami yang terkenal menggoyang lidah para penikmatnya. 

"Jadi sambil menunggu anak-anak berenang,  kita juga penasaran dengan ikan bakarnya. Ternyata memang yummy sekali rasanya, " ujarnya yang diiakan oleh rekan kerjanya. 

Ikan bakar gurami yang disajikan di beberapa lokasi wisata,  memang terbilang berbeda rasanya,  dibandingkan dengan olahan restoran atau rumah makan. Selain memang para pengelola menjaga rahasia bumbu untuk ikan yang turun temurun,  juga karena ikan gurami dipelihara dalam kondisi hidup di kolam-kolam. 

"Jadi bukan ikan mati yang disimpan di lemari es. Ini yang membuat rasa ikan gurami di sini enak banget dan tentunya menyehatkan," ujar Yuni. 

Rasa lezat dari daging ikan gurami bakar juga bisa dinikmati di salah satu rumah makan di wilayah Pagelaran. Dengan konsep rumah makan yang didominasi kolam ikan,  tempat memgembangbiakkan ikan yang akan diolah jadi masakan, rumah  makan tersebut jadi andalan bagi para pecinta ikan. 

Pengunjung bisa memilih ikan di kolam yang akan diolah oleh petugas rumah makan untuk santap makannya.

"Jadi kita merasa lega karena melihat langsung ikan yang diolah. Tidak was-was kalau itu ikan yang lama mati dan di kulkas," ucap Ernawati yang kerap setiap akhir pekan berkunjung ke rumah makan tersebut. 

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top