Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Duh, Mau Buang Hajat Saja Susah

Penulis : Agus Salam - Editor : A Yahya

08 - Apr - 2018, 20:27

Placeholder
Ponten Umum yang tiga tahun lebih dibiarkan (Agus Salam/Jatim TIMES)

Ponten atau kamar kecil umum di Jalan Abdurrahman Wachid (Gusdur) Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, tak berfungsi. Akibatnya, ponten di areal Pedagang Kaki Lima(PKL) timur traffict light perempatan Jalan Brantas menjadi kumuh.

Padahal, tempat tersebut dibutuhkan para pedagang dan pembeli, yang hendak buang air kecil atau sekedar cuci muka.

Hasil pantauan, pompa tangan yang dipakai untuk mengisi kamar mandi, sudah tidak terlihat. Dua pintu yang berbahan plastik juga sudah rusak, tidak bisa dibuka dan ditutup. Sedang bagian dalam kamar mandi, kotor berdebu dan tak berair.

Di depan Ponten ada tumpukan besi payon atau terop PKL. Sehingga menghalangi jalan ke kamar kecil. Sementara dindingnya kusam, warnanya putih kecoklatan dan ada coretan. Serta di luar ponten, sampah berserakan dan tumbuh tanaman liar.

Menurut salah satu PKL, Ponten sudah lama tidak digunakan, sekitar pertengahan 2014 yang lalu. Penyebab awalnya, bukan rusak atau tidak bisa dipakai, tetapi lantaran tidak ada yang ngurusi. Awalnya WC umum tersebut petugas aga warung PKL yang mengurusi, tetapi malas ngurusi, lantaran pengguna ponten tidak ada yang membayar.

"Dulu yang jaga kios PKL yang ngurusi. Berhenti karena yang ke kamar kecil enggak ada yang bayar. Uangnya untuk penjaga yang mengisi air dan membersihkan. Kan mereka tidak ada bayarannya," ujarnya, Minggu (8/s) siang.

Lantaran tidak ada yang ngurus, ponten menjadi kotor dan bau. Warga dan pembeli yang ke ponten sehabis buang air kecil dan air besar tidak disiram. Kamar mandi tidak ada airnya, karena tidak ada petugas yang mengisi air. Sedang pengguna ponten malas mengambil air, karena menggunakan pompa manual alias pompa tangan. Jadi habis kencing, tidak disiram.

Bahkan habis berak, langsung keluar. Ya tidak disiram, karena tidak ada airnya. Pompanya pakai tangan," tambah pria yang enggan namanya dituls tersebut.

PKL yang menjual es degan beserta belasan PKL yang lain berharap, kamar mandi yang sudah tidak dipakai lebih tiga tahun ini, bisa difungsikan kembali. Sebab, belasan PKL dan pembeli yang hendak kencing atau sekedar cuci tangan dan muka, kesulitan.

Apalagi Ponten umum tersebut adalah satu-satunya. “Ya, kami berharap begitu. Soalnya kalau kami kebelet kencing, harus ke rumah. Ya kalau dekat. Kan kasihan yang jauh,” pungkas lelaki asal Tanggul Jember tersebut.

Terpisah, ketua PKL Alifurrahman mengatakan, PKL yang ada di utara jalan Gusdur itu, binaan dan dikelola Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian, Bukan anggota Paguyuban Pedagang PKL. Dimungkinkan, yang mengelola ponten yang berlokasi diujung barat tersebut, adalah DKUPP. Sementara itu, kepala DKUPP Gatot saat dihubungi, selulernya tidak aktif. pesan singkat yang dikirim, juga tidak dijawab.


Topik

Kesehatan probolinggo berita-probolinggo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

A Yahya