Salak Pondoh Lumajang Kian Diminati Warga Luar Kota

Salak Pondoh Lumajang Kian Diminati Warga Luar Kota
Salak Pondoh Lumajang Kian Diminati Warga Luar Kota

JATIMTIMES, LUMAJANG – Salah satu produk unggulan hasil pertanian Kabupaten Lumajang adalah salak pondoh. Meski hampir di setiap wilayah terdapat banyak kebun salak, namun sentra kebun salak pondoh berada di Desa Kalibening, Kecamatan Pronojiwo.

Salak pondoh yang tumbuh di kawasan berdataran tinggi dan bersuhu dingin membuat buah bernama latin Salacca Zalacca memiliki rasa enak yang gurih, renyah dan manis. Rasa asam pun pada salak pondoh seakan tak terasa jika dibandingkan dengan salak jenis lain.

"Tanah yang baik dan bersuhu dingin membuat rasa salak pondok terasa renyah, gurih dan manis. Ini yang membedakan rasa salak pondoh dengan salak jenis lain," kata Sayuti petani salak pondoh kepada media ini saat ditemui di sela-sela aktivitas pada Minggu (15/04).

Menurut Sayuti (47), dirinya mengakui produksi salak pondoh masih diminati sebagian besar penikmat salak dari luar kota, seperti Jember, Banyuwangi, dan Bali.

Kendati salak pondoh sudah punya area pemasaran luar kota, ia berharap ada upaya kepedulian nyata dari pemerintah setempat untuk membantu meningkatkan produktivitas buah salak pondoh. Sebab, sangatlah strategis dan berpotensi besar untuk memacu peluang kerja dan tentunya menambah sumber pendapatan daerah.

"Sampai saat ini daerah luar kota yang menjadi langganan pemasaran dan meminati salak pondoh. Ke depan akan sangat bagus apabila dikembangkan agar masyarakat bisa memanfaatkan peluang ini," ucap Sayuti.

Untuk mendapatkan buah salak pondoh ini cukup mudah. Selain dijual di sejumlah lokasi dan pasar, juga bisa mendatangi langsung tempat penjualan seperti hampir di sepanjang jalan raya Kecamatan Pronojiwo. Di sana anda tinggal memilih buah salak pondoh yang hendak dibeli. Harganya pun masih relatif terjangkau, perkilogram salak pondoh dibanderol Rp 5 ribu.

Pewarta : Ahmad Jafin
Editor : A Yahya
Publisher : Angga .
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top