Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Usai UNBK Akun Instagram Kemendikbud Ramai Dibully Siswa

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

15 - Apr - 2018, 18:53

Placeholder
Contoh komentar-komentar satir yang ditujukan kepada Kemendikbud dengan cara menyindir yang membuat ngakak netizen

Akun Instagram Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tiba-tiba dibanjiri ribuan komentar saat ini. Disinyalir yang meramaikan komentar tersebut adalah para siswa SMA yang baru saja mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018.

Seperti diketahui bersama Kemendikbud memang baru saja menggelar UNBK saat ini. Dimulai sejak Senin (9/4) sampai Kamis (12/4) atau dilaksanakan selama empat hari lalu.

Ada tiga mata pelajaran (mapel) wajib yang harus diikuti siswa. Yaitu, matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Rata-rata para siswa mengeluhkan soal beberapa mata pelajaran. Di antaranya Matematika dan Kimia yang menurut mereka paling sulit karena tak ada jawabannya di pilihannya.

Ada juga soal yang menurut mereka tak pernah diajarkan selama mereka sekolah, lalu soalnya yang tak masuk akal seperti menghitung berapa kali bakteri membelah diri dalam sekian detik. Kemudian mengocok dadu hingga 600 kali, hingga disuruh menghitung kecepatan orang yang tercebur dari perahu.

Walau UNBK Matematika telah selesai, namun keluhan-keluhan para pelajar itu masih ramai memenuhi Instagram akun Kementerian Pendidikan Indonesia. Komentar mereka berupa keluhan dan sindiran namun lucu dan membuat ngakak.

Lucunya lagi, mereka menuliskan komentar di lapak yang salah alias di Instagram Kementerian Pendidikan Indonesia palsu, yaitu @kemendikbud.ri. Pada Minggu (15/4) mencapai  11 ribu komentar lebih. Sementara di akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan Indonesia, @kemdikbud.ri, jarang ditemui komentar-komentar seperti ini.

Komentar mereka lucu-lucu, ada yang menuliskan sindiran berupa hadis Nabi Muhammad tentang seseorang yang mempersulit orang lain akan mendapatkan azab. Ada juga yang menuliskan perjuangan sekolah selama enam tahun berakhir sia-sia hanya dalam tiga hari UNBK karena soal-soalnya sulit yang dipilihannya tak ada jawabannya.

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy memang telah menyampaikan permohonan maaf terkait soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dianggap terlalu sulit oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut.

"Saya minta maaf kalau ada beberapa kalangan yang merasa mengalami kesulitan, yang sulit, yang tidak bisa ditoleransi," ujar Muhadjir, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (13/4) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Berikut ini adalah komentar-komentar lucu para siswa yang dijamin asli bikin ngakak ;

fenrirlens : "Barang siapa yang mempersulit orang lain, maka Allah akan mempersulitnya pada hari kiamat." -Hadist Riwayat al-Bukhari No.7152-

fristars_ : Udah berapa hari berlalu masih kebayang2 soal kimia pak. USBN kami ketemu soal tentang sabun, yakali UN ketemu soal sabun lagi. Malah sama pemutih nya segala. La kita make sabun sama pemutih mah tinggal beli trs pake pak, gaperlu ngitung persen sama jenis nya, reduktor lah oksidator. Tinggal nyuci ribet amat elah, pucing akutuuu :(( Semoga Allah mengampuni dosa2 pembuat soal UN SMA 2018. Aamiin... @mellisaal @theodora_diva @chusniya_ @martha_nurilf @faradilafi @yeniindahsafitri @dwiwandanursyarifa @ahmad_lum

darrellarkan : @stawbeylii mak, gua niat dtg ke sekolah pan ngerjain soal mtk ye mak. pas sampe skolah, kenapa soal mtk yg ngerjain gua mak:(

andhikaagilang : Awalnya pengen ngerjain matika eh malah gue yg dikerjain :(

rizkanfachrudnsh : Apa perluu saat beli somay kecepatan memberi uang sama ambil kembalian dihitung pak?

wildandito : Haruskah kita nonton kancil sama singa pas mereka kejar kejaran waktu kecepatannya di hitung pak?

novamayasarii : Yg bener aja soal biologi nanyain kenapa keledai dikawinkan dengan zebra atau zebronkey jadi steril. Emg saya penghulunya pak? Jadi saksinya mah juga engga. Yg bilang sah juga engga. Kalo kaya begini mah saya ga tau apa", Lain kali undang dulu saya ke acara pernikahannya zebra sama keledai pak


Topik

Pendidikan surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya