Pileg 2019, Jumlah Dapil di Kabupaten Blitar Bertambah

Ilustrasi.(Foto : google images)
Ilustrasi.(Foto : google images)

JATIMTIMES, BLITAR – Jumlah daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Blitar akan bertambah pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Jumlah dapil yang pada Pileg 2014 berjulah lima dapil pada pesta demokrasi tahun depan akan bertambah satu menjadi enam dapil.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Imron Nafifah menjelaskan, keputusan ini menyusul surat resmi dari KPU pusat terkait jumlah dapil di Kabupaten Blitar. 

Penetapan dapil ini tertuang dalam keputusan KPU nomor 278 tahun 2017 tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota di wilayah provinsi Jawa Timur dalam pemilu 2019.

"Jumlah dapil tersebut sesuai dengan jumlah penduduk di Kabupaten Blitar," jelas Imron Nafifah.

Ada sebanyak 50 kursi legislator yang akan diperebutkan dalam enam dapil tersebut. Rincian dapil sendiri diantaranya   dapil 1 meliputi Kecamatan Bakung, Kademangan, Kanigoro, dan Wonotirto, dengan alokasi 9 kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Nglegok , Sanankulon, dan Srengat, dengan alokasi 8 kursi. Dapil 3 meliputi Kecamatan Ponggok, Udanawu, dan  Wonodadi, dengan alokasi 8 kursi.  

Dapil 4 meliputi Kecamatan Gandusari, Garum, Selopuro, dan Talun, dengan alokasi 10 kursi. Dapil 5 meliputi Kecamatan Doko, Kesamben, Selorejo, dan Wlingi, dengan alokasi 8 kursi. Serta dapil 6 meliputi Kecamatan Binangun, Panggungrejo, Sutojayan, dan Wates, dengan alokasi 7 kursi.

“Tidak ada perubahan dalam jumlah kursi di Kabupaten Blitar.Meskipun masih satu tahun menuju Pileg 2019, kami berharap agar partai politik bersiap-siap dari sekarang,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top