Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Arek Malang Jual Hijab Via Medsos, Laris Manis Karena Terapkan Ini

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Heryanto

21 - Apr - 2018, 17:29

Placeholder
Hijab produksi Malang dengan label NHS Looks yang sukses merebut pasar online (foto: Instagram @nhs.looks)

Era digital memaksa usaha pun beralih menjadi serba teknologi. Apalagi dengan hadirnya media sosial. Bukan saja jadi ajang eksistensi diri, media sosial seperti Instagram berubah menjadi 'toko online'. Aneka produk ditawarkan. Termasuk hijab.

Adalah arek Malang bernama Widya Jazil. Mahasiswi Universitas Brawijaya itu mendirikan label hijab dengan nama NHS Looks. Salah satu seri hijab produksinya laris manis. Bahkan, hanya untuk seri itu saja sudah produksi kali ketiga.

Dia menjelaskan dalam berbisnis hijab secara online yang perlu diperhatikan adalah strategi promosi. Jazil menerapkan sistem promosi lewat selebriti Instagram (selebgram). 

"Kalau aku sendiri ada promosi ke selebgram. Misalnya selebgram hijab seperti Hamidah Rachmayanti (@hamidahrachmayanti) dan Dwi Handayani (@dwihandaanda). Selain itu juga ada selebgram hijab lain rata-rata sudah pernah aku endorse semua," jelasnya pada MalangTIMES.

Selain menerapkan sistem promosi kepada selebgram, Jazil juga menjelaskan bahwa yang terpenting dari usaha online ialah menjaga kualitas barang yang dijual.

"Kayak bahan itu aku bener-bener pilih pilih banget masalah bahan, aku enggak mau jual bahan yang enggak bagus dipakai. Atau pun aku enggak mau. Kan banyak banget jenis tipe kain yang ori atau KW. Aku selalu pilih yang original," sambung dia.

Terpenting pula adalah kualitas jahitan hijab. Jazil menjelaskan untuk urusan jahitan ia perhatikan dengan betul.

"Terus masalah jahitan, aku selalu jahitan tepi kecil rapi. Supaya enggak terlihat jahitan yang kasar. Nah, jadi pas hijabnya dipakai berharga butik gitu padahal harganya murah tapi kualitas bisa maksimal," papar Jazil.

Selain itu, yang perlu diperhatikan pula adalah pemilihan ide hijab yang akan dijual. "Kayak corak untuk hijab motif atau keunggulan hijab polos dari segi bahan atau warna," kata dia.

Terakhir adalah packaging produk. "Masalah packaging juga aku pertimbangkan. Jadi tiap paket free box supaya pas di perjalanan itu barang enggak mudah kusut jadi aku pakai box," tukasnya. (*)


Topik

Gaya Hidup malang berita-malang gaya malangtimes-fashion fashion-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Heryanto