Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pengisian Jabatan Eselon IIB Pemkab Jombang Akan Gunakan Talent Pool

Penulis : Adi Rosul - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

23 - Apr - 2018, 17:29

Placeholder
Pjs Bupati Jombang, Seriajit SH MM saat diwawancarai (Foto : Adi rosul / Jombangtime)

Pemerintah Kabupaten Jombang dalam upaya mengisi kekosongan 12 jabatan Eselon IIB berencana akan menggunakan sistem Talent Pool dengan melibatkan seluruh pejabat Eselon III dalam asesmen.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit SH MM menyampaikan bahwa panitia seleksi (pansel) saat ini sudah dibentuk dan sedang melakukan rapat terkait sistem seleksi pengisian 12 jabatan eselon IIB. Dalam tim pansel tersebut, Setiajit mengatakan ada 7 orang yang melibatkan akademisi dan BKN Provinsi dan Pemprov Jatim.

"Ini sudah proses, hari ini ada rapat panitia seleksi untuk pengisian jabatan eselon IIB yang kosong," ungkap Setiajit saat diwawancarai di gedung DPRD Kabupaten Jombang, Senin (23/4).

Sementara, Setiajit mengatakan bahwa sistem seleksi pengisian 12 jabatan Eselon IIB akan diusahakan menggunakan sistem Telent Pool dengan menyeleksi para pejabat Eselon III melalui asesmen.

"Ini sedang kami bicarakan hari ini, kalau bisa ya talent pool. Jadi semua eselon III itu dilakukan asesmen, lalu kemudian nanti mana yang cocok dengan jabatan A, mana yang cocok dengan jabatan B dan mana yang cocok dengan jabatan C," ujar Setiajit.

Selain menggunakan sistem talent pool, Setiajit juga menyampaikan akan menggunakan sisitem tes secara langsung untuk setiap jabatan kosong yang akan segera dilakukan pengisian.

"Ada juga yang nanti setiap jabatan dilakukan tes, tetapi itu kan belum tentu ada orang yang mau mendaftar. Maka kalau misalkan mereka tidak mau mendaftar maka kemudian kita lakukan talent pool," tandasnya.

Sedangkan untuk seleksi pengisian jabatan tersebut, Setiajit mengatakan akan dimulai pada akhir bulan April. Meskipun panselnya yang membentuk adalah dari Pemkab Jombang, namun Setiajit menegaskan bahwa untuk asesmen tesnya akan dilakukan di Provinsi. "

Akhir April ini seleksi, karen dua minggu ini diumumkan barangkali nanti ada teman-teman di eselon III mendaftar. Kemudian nanti asesmen tesnya nanti ada di BKD Provinsi, tapi panselnya kita yang membentuk atas persetujuan KASN (Komite Aparatur Sipil Negara)," pungkas Seriajit.

Sekadar diketahui, 12 jabatan Eselon IIB yang saat ini kosong meliputi 10 Kepala Dinas dan satu Kepala Badan serta satu Asisten Setdakab Jombang.(*)


Topik

Pemerintahan berita-jombang pjs-bupati-jombang pemkab-jombang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Moch. R. Abdul Fatah