Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Minim, Dinkes Bentuk AOC

Mastur, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung (pukul gong) (foto : Gusti Indah P/Jatim Times)
Mastur, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung (pukul gong) (foto : Gusti Indah P/Jatim Times)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Minimnya pengetahuan warga tentang penggunaan obat dan pengobatan memicu banyaknya warga yang salah dalam mengkomsumsi obat.

Akibatnya muncul pola pengobatan swamandiri, padahal pengobatan metode swa medikasi tanpa resep dokter perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian, mengingat kandungan obat satu dan obat yang lain bisa saling menguatkan ataupun sebaliknya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Mastur kepada awak media yang menemuinya selepas menggelar edukasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat), hari ini (Kamis, 3/5).

Sosialisasi itu mengundang perwakilan apoteker se-Tulungagung, tokoh masyarakat dari organisasi masyarakat, perwakilan masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah instansi lainnya.

“Masyarakat kita itu serung melakukan swa medikasi, kalau sakit, mereka mengobati dirinya sendiri, pakai obat sendiri untuk sembuh,” Tuturnya.

Mastur mengatakan, tercatat 10% rumah tangga menyimpan obat untuk persiapan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, dan bukan tidak mungkin salah satu obat yang disimpan jenisnya merupakan anti biotik.

Padahal obat jenis ini hanya boleh digunakan berdasarkan resep dokter.
“Harapannya kita membentuk agen-agen perubahan ini mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat pada sisi penggunaan obat,” ujarnya.

Mereka diharapkan mampu menjadi Agent of Change (AOC) atau agen perubahan yang mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang perlunya cerdas dalam menggunakan obat.
“Nantinya seluruh Apoteker harus menjadi AOC, kemudian masyarakat yang terlibat dalam acara hari ini sekitar 120an orang juga harus mampu menjadi AOC,” imbuh Mastur.

Lebih jauh Mastur mengingatkan, selain membentu AOC ini sudah sejak lama pihaknya mengantisipasi mudahnya obat antibiotik beredar di masyarakat, salah satunya dengan jalan mempermudah pemberian izin pendirian apotek kemudian memberikan izin pada toko-toko obat sehingga pihaknya bisa melakukan monitoring peredaran obat.
“Nah ini yang kita dorong agar obat antibiotik itu tidak dengan mudah beredar, caranya dengan mempermudah pemberian izin apotek dan toko obat agar mudah pengawasannya” Pungkas Mastur.
Mastur menambahkan, dalam edukasi germas kemarin pihaknya berharap setiap peserta mampu menjadi AOC yang bisa memberikan informasi tentang penggunaan obat kepada masyarakat.

Pewarta : Gusti Indah Pambayun
Editor : A Yahya
Publisher : bayu pradana
Sumber : Tulungagung TIMES
  • Arema FC Lumat Bhayangkara FC 4-0, Gol Dipersembahkan Duo Dedik- Rivaldi

    Di hadapan 3394 ribu Aremania tim Singo Edan tampil garang melumat Bhayangkara FC dengan skor akhir 4-0 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam.

  • Suporter Bonek dan Jakmania Tewas Akibat Tabrak Lari

    Seorang suporter sepak bola Persebaya atau Bonek dilaporkan tewas akibat kecelakaan. Dia diduga menjadi korban tabrak lari. Bersamaan dengan dia seorang suporter Persija, Jakmania juga dilaporkan tewas. Karena ke duanya mengendarai motor berboncengan.

  • Viral, Hanya dengan Kaleng Bekas Pemuda Ini Mampu Saingi DJ

    Lagu yang menghentak khas DJ kerap sukses membawa penikmat musik bergoyang. Dengan peralatan yang canggih dan teknik yang baik akan menghasilkan musik yang ciamik. Namun bagi pemuda satu ini, untuk menjadi DJ tidak perlu menggunakan alat yang mahal.

  • Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

    Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

  • Ngabuburit di Karang Menjangan, Emil Dardak Jadi Koki Martabak Mie Madura

    Emil Elestianto Dardak, cawagub Jatim nomor urut satu mengisi kampanye di bulan Ramadhan dengan ngabuburit berburu sajian takjil buka puasa di Pasar kaget takjil Karang Menjangan, Surabaya, Rabu (23/5/2018).

  • Sebanyak 167.839 Kertas Suara Pilgub Dilipat, Target Selesai Besok

    Meski pencoblosan pilkada serentak masih kurang satu bulan lima hari, namun KPU Kota Probolinggo sudah melaksanakan pelipatan kertas suara. Selasa (22/5) puluhan pemuda di Aula KPU Probolinggo tampak sibuk melipat kertas suara. Untuk kali ini, yang dilipa

  • Babak Pertama, Arema FC Unggul 2-0 Atas Bhayangkara FC

    Pertandingan babak pertama antara Arema FC melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam didominasi Arema FC dengan skor 2-0. Dua gol diciptakan oleh Rivaldi Bawuo pada menit 9 dan Dedik Setiawan pada menit 24.

  • Tersungkur, Bapak Tukang Bakso Ini Bikin Netizen Iba

    Sebuah video viral di media sosial dan sempat membuat netizen iba. Seorang penjual bakso terekam saat terjatuh dan semua dagangannya tumpah di jalanan.

  • Tak Berizin, Galian Pipa Gas Bumi Dihentikan

    Setelah sempat ditutup, Senin (21/5) kemarin, proyek galian pipa gas bumi di Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, dilanjutkan lagi. Proyek yang dikerjakan PT Dharma Sumber Pundi Artha itu sempat dihentikan Satpol PP, lantaran diduga belum mengantongi izin.

  • Sekda Kota Kediri Apresiasi Keberadaan Ponpes Di Kota Kediri

    Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu hadiri acara Buka Bersama dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri, Selasa (22/5) di Pondok Wali Barokah.

  • Safari Ramadhan di Masjid Quba, Pemkot Malang Ingatkan Jamaah Gunakan Hak Pilih

    Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang 1439 H berlanjut di Masjid Quba, Kelurahan Bareng. Pada safari ke empat, Selasa (22/5/2018) malam, pemkot menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat. Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilka

  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Buka Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD

    Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem online jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal membuka lebih banyak tempat pendaftaran di masing-masing sekolah.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top