Murah Meriah, Ini Deretan Wisata Ramah Kantong di Kota Malang

Alun-alun Malang (Foto : Pikniek)
Alun-alun Malang (Foto : Pikniek)

JATIMTIMES, MALANGWeekend, bingung mau hang out ke mana? Buat yang masih belum ada rencana karena takut kantong jebol saat liburan, yuk intip rekomendasi wisata murah meriah yang ramah kantong di Kota Malang berikut ini.

1. Kampung Tematik

(Media Indonesia)
Liburan tidak harus selalu mahal kan. Buat kalian orang Malang atau sedang jalan-jalan di Malang, tidak ada salahnya menjelajah beberapa kampung tematik yang ada di Kota Pendidikan ini. Sejak beberapa tahun terakhir, kampung tematik seolah menjadi primadona dan menjadi banyak incaran wisatawan.

Deretan kampung tematik yang bisa dijelajah antara lain Kampung Warna-warni, Kampung Tridi, Kampung Biru Arema, Kampung Putih, Kampung 3G, hingga Kampung Keramat. Tiket masuknya pun sebagian besar tidak ada alias gratis. Tapi ada juga yang ditarik kurang lebih hanya Rp 2 ribu dan akan diganti dengan suvenir berupa gantungan kunci atau stiker.

Di kampung tematik ini, kalian bisa banget berfoto di banyak titik. Mulai dari pemandangan manis hingga yang paling ekstrem sekalipun semua ada. Buat yang ingin menyeberang di atas Sungai Brantas melalui jembatan kaca, bisa kunjungi Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi. Nah, buat yang pengen foto sama pocong, datang langsung ke Kampung Keramat di Kasin.

Masing-masing kampung tematik yang ada memang menawarkan pengalaman yang berbeda. Berhubung lokasinya berada di jantung kota dan tak terlalu berjauhan, dalam sehari sepertinya kalian bisa menjelajahi tiga sampai empat kampung tematik. 

2. Alun-Alun Bundar dan Tugu

Nah, kalu destinasi berikutnya ini dijamin tidak hatus mengeluarkan tiket masuk guys, alias gratis tis tis. Sebab, Alun-Alun Bundar dan Alun-Alun Tugu ini merupakan tempat terbuka hijau yang selalu menjadi favorit warga Kota Malang hingga turis lokal dan mancanegara. Keduanya menjadi ikon bagi kota yang juga berjuluk Kota Bunga ini.

Di Alun-Alun Bundar sendiri, ada banyak hiburan yang bisa dinikmati di sana. Selain udaranya yang sejuk karena rindangnya pepohonan, di sana juga disediakan banyak wahana bermain anak-anak. Setiap hari libur, taman yang berada di jantung kota ini dipastikan ramai pengunjung. Para orangt ua yang mengajak anaknya bermain dan bersosialisasi. 

Ada juga arena bermain skateboard yang banyak dimanfaatkan anak muda. Saat sore, banyak komunitas anak muda yang bermain di sisi area permainan skateboard tersebut. Bahkan saat bulan puasa, arena bermain skateboard ini semakin ramai karena sekaligus menjadi tempat ngabuburit.

3. Taman Rekreasi Kota

Taman Rekreasi Kota atau yang lebih dikenal sebagai Tarekota ini lokasinya berada di belakang Balai Kota Malang. Meski wahana yang disediakan tak banyak dan ada kolam renang serta area bermain anak-anak seperti ayunan dan prosotan, ternyata Tarekot banyak dikunjungi saat weekend. Dan sepertinya ini cocok untuk kalian yang tidak mau menguras kantong karena tiket masuk ke sana hanya sebesar Rp 300 perak saja. 

Kolam renangnya pun tak terlalu mengecewakan. Ada dua kolam yang bisa dimanfaatkan untuk anak-anak dan orang dewasa. Setiap hari minggu, tak sedikit keluarga yang sengaja meluangkan waktunya di sana.

Namun sayangnya, beberapa peliharaan yang dulunya ada kini sudah tak ada lagi, dan tinggal beberapa saja. Hanya menyisakan kandang yang memang tak terawat dengan baik. Padahal, sebelumnya taman ini juga menjadi taman edukasi untuk memperkenalkan beberapa binatang seperti beberapa jenis burung.

4. Pasar Burung dan Bunga Splendid

Buat yang ingin wisata belanja, utamanya untuk penyuka bunga, ikan, dan burung, maka Pasar Splendid menjadi jawabannya. Pasar yang sudah ada sejak puluhan tahun ini memang menjadi surga pecinta bunga dan burung. Di sana, semua dibanderol dengan harga yang sangat miring.

Selain karena harga bunga dan burung yanh dijual murah, pasar yang tak jauh dari Balai Kota Malang ini juga menjadi terkenal karena usianya yang tak muda. Bertahan selama puluhan tahun, membuat banyak wisatawan penasaran dengan keberadaan pasar burung dan bunga ini. Tak jarang pula, pasar ini menjadi ajang kenangan saat warga Kota Malang kembali ke kampung halaman kala libur panjang.

Itu dia deretan destinasi wisata ramah kantong yang ada di Kota Malang versi MalangTIMES. Semoga bisa membantu kalian para traveler menentukan pilihan ya. Selamat mencoba. (*)

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Arema FC Lumat Bhayangkara FC 4-0, Gol Dipersembahkan Duo Dedik- Rivaldi

    Di hadapan 3394 ribu Aremania tim Singo Edan tampil garang melumat Bhayangkara FC dengan skor akhir 4-0 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam.

  • Suporter Bonek dan Jakmania Tewas Akibat Tabrak Lari

    Seorang suporter sepak bola Persebaya atau Bonek dilaporkan tewas akibat kecelakaan. Dia diduga menjadi korban tabrak lari. Bersamaan dengan dia seorang suporter Persija, Jakmania juga dilaporkan tewas. Karena ke duanya mengendarai motor berboncengan.

  • Viral, Hanya dengan Kaleng Bekas Pemuda Ini Mampu Saingi DJ

    Lagu yang menghentak khas DJ kerap sukses membawa penikmat musik bergoyang. Dengan peralatan yang canggih dan teknik yang baik akan menghasilkan musik yang ciamik. Namun bagi pemuda satu ini, untuk menjadi DJ tidak perlu menggunakan alat yang mahal.

  • Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

    Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

  • Ngabuburit di Karang Menjangan, Emil Dardak Jadi Koki Martabak Mie Madura

    Emil Elestianto Dardak, cawagub Jatim nomor urut satu mengisi kampanye di bulan Ramadhan dengan ngabuburit berburu sajian takjil buka puasa di Pasar kaget takjil Karang Menjangan, Surabaya, Rabu (23/5/2018).

  • Sebanyak 167.839 Kertas Suara Pilgub Dilipat, Target Selesai Besok

    Meski pencoblosan pilkada serentak masih kurang satu bulan lima hari, namun KPU Kota Probolinggo sudah melaksanakan pelipatan kertas suara. Selasa (22/5) puluhan pemuda di Aula KPU Probolinggo tampak sibuk melipat kertas suara. Untuk kali ini, yang dilipa

  • Babak Pertama, Arema FC Unggul 2-0 Atas Bhayangkara FC

    Pertandingan babak pertama antara Arema FC melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (22/5/2018) malam didominasi Arema FC dengan skor 2-0. Dua gol diciptakan oleh Rivaldi Bawuo pada menit 9 dan Dedik Setiawan pada menit 24.

  • Tersungkur, Bapak Tukang Bakso Ini Bikin Netizen Iba

    Sebuah video viral di media sosial dan sempat membuat netizen iba. Seorang penjual bakso terekam saat terjatuh dan semua dagangannya tumpah di jalanan.

  • Tak Berizin, Galian Pipa Gas Bumi Dihentikan

    Setelah sempat ditutup, Senin (21/5) kemarin, proyek galian pipa gas bumi di Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, dilanjutkan lagi. Proyek yang dikerjakan PT Dharma Sumber Pundi Artha itu sempat dihentikan Satpol PP, lantaran diduga belum mengantongi izin.

  • Sekda Kota Kediri Apresiasi Keberadaan Ponpes Di Kota Kediri

    Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu hadiri acara Buka Bersama dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri, Selasa (22/5) di Pondok Wali Barokah.

  • Safari Ramadhan di Masjid Quba, Pemkot Malang Ingatkan Jamaah Gunakan Hak Pilih

    Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang 1439 H berlanjut di Masjid Quba, Kelurahan Bareng. Pada safari ke empat, Selasa (22/5/2018) malam, pemkot menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat. Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilka

  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Buka Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD

    Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem online jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal membuka lebih banyak tempat pendaftaran di masing-masing sekolah.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top