Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Disnaker Kabupaten Malang Bekali Ratusan Lulusan SMK Siap Kerja

Penulis : Imam Syafii - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - May - 2018, 16:15

Placeholder
Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna (tengah) dan Kadisnaker Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo (dua dari kiri) foto bersama dengan stakeholder dan instansi perusahaan. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan terampil, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang menggelar pelatihan persiapan kerja bagi angkatan kerja, kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja 2018 yang digelar di El Hotel Karangploso, Kabupaten Malang, Selasa (15/5/2018). 

Dalam pelatihan tersebut tersaring 250 lulusan SMK se-Kabupaten Malang yang siap menghadapi dunia kerja di perusahaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang sudah bekerjasama dengan Disnaker Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo menjelaskan dalam pelatihan persiapan kerja ini para peserta sebelumnya melakulan berbagai tahapan seleksi yang siap di dunia kerja.

Dalam pelatihan yang digelar tiga hari ini peserta akan dibekali materi tentang pelatihan program, perlindungan tenaga kerja, kewirausahaan, informasi pasar luar negeri, wawasan kebangsaan, dan motovasi etos kerja. 

"Dari jumlah 129 SMK di Kabupaten Malang dengan total lulusan 12.156 siswa, sekitar 80 persen mereka ingin melanjutkan untuk bekerja dan sisanya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi," kata Yoyok.

Lebih lanjut Yoyok menerangkan peserta yang mengikuti pelatihan persiapan kerja ini ada 250 orang yang terdiri dari 16 SMK di Kabupaten Malang.

"Semua peserta di sini memiliki kemampuan dan keterampilan dari berbagai jurusan seperti otomotif, multimedia, teknik sepeda motor, dan jurusan lainnya. Nantinya mereka akan pemagangan kerja dan yang langsung bekerja ada 88 orang di perusahaan Apindo," terangnya.

Karena itu, dalam meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan SMK ini, Yoyok menyampaikan sangat mengapresiasi Apindo yang sudah bekerjasama dengan Disnaker Kabupaten Malang. 

"Kami berharap kerjasama ini tidak berhenti disini saja tapi bisa berkelanjutan. Selain itu, kami berharap peserta manti memiliki mental kerja yang terampil dan tangguh," pungkasnya.

Acara pelatihan kerja yang digelar mulai tanggal 14 hingga 15 Mei di El Hotel Karangploso ini secara resmi dibuka Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna


Topik

Pemerintahan beita-malang bupati-malang-rendra-kresna Kadisnaker-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Sri Kurnia Mahiruni