Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bapak 'Seruling Sakti', Ditemukan Tak Bernafas

Penulis : Agus Salam - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - May - 2018, 20:06

Placeholder
Tim identifikasi Polresta Probolinggo melakukan olah TKP (Agus Salam/ JatimTIMES)

Seorang lelaki tanpa identitas ditemukan meninggal di Jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, Senin (21/5) sekitar pukul 07.00. Belum diketahui nama bapak berpawakan tambun yang meninggal di depan ATM samping selatan Rumah Makan Sumber Hidup tersebut. Mengingat, tim identifikasi Polresta, tidak menemukan kartu identitas di lokasi kejadian.

Belum diketahui pasti penyebab kematian bapak yang dikenal dengan Seruling Sakti tersebut. Hasil identifikasi sementara menyebu, kalau pria yang kesehariannya membawa seruling untuk ngamen ini, sakit sesak. Di tas dan pakaiannya, petugas menemukan 2 obat sesak dan sejumlah uang kertas pecahan. Sementara di samping jasad yang masih lemas tersebut, ada minuman dalam kemasan netto 1,5 liter.

Kasat Reskrim AKP Pujiono, yang ikut mengidentifikasi dan olah TKP menyebut, dugaan sementara, Mr X yang juga membawa tongkat tersebut, sakit sesak napas. Menurutnya, air mineral yang ada di sampingnya, air putih biasa, bukan miras atau seseorang telah meracuni korban. Kasat juga menjelaskan, di tubuh korban tidak ada tanda-tanda kekerasan.

"Kesimpulan sementara, karena sesak nafas. Kami menemukan pil anti sesak nafas. Enggak ada tanda-tanda kekerasan," tandasnya.

Saat ditanya nama korban, Pujiono mengaku tidak tahu. Mengingat korban tidak membawa identitas, maka jasad korban akan disemayamkan di kamar mayat hingga menunggu ada warga yang mengakui dan mengatahui nama serta alamatnya. Ia menyebut, bapak berperawakan gemuk itu, setiap harinya, berada di lokasi penemuan mayat.

"Kata warga, korban sering ada di sini. Ya, lalu-lalangnya di sekitar sini. Kami masih akan mencari tahu keluarganya," pungkas AKP Pujiono, sebelum meninggalkan lokasi penemuan jasad.

Muhammad Salim (49), juru parkir (Jukir) di tempat ditemukannya jasad tak bernyawa berterus terang, tidak tahu pasti. Ia tiba di lahan parkirnya banyak warga dan petugas Polresta sudah datang. Informasi yang didapat dari Jukir sebelumnya, kalau korban meninggal sekitar pukul 7.00. Menurutnya, meninggalnya mendadak atau tiba-tiba.

"Saya gak tahu. Tapi kata teman saya yang bertugas parkir sebelumnya, bapak itu kejang-kejang terus meninggal. Teman saya itu sudah pulang," ujarnya ke sejumlah wartawan.

M Salim yang mengaku asal Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok ini, membenarkan kalau korban sesak nafas. Dua hari sebelumnya, ia sempat disuruh korban membelikan obat sesak nafas. Meski setiap hari bertemu korban di lahan parkirnya, M Salim berterus terang, tidah tahu nama korban. Hanya saja, ia ke korban semasa hidupnya memanggil pak Endut.

"Orang-orang panggil pak Endut. Ya saya ngikut saja. Saya dah lama tahu dengan korban. Karena yang bersangkutan sering di sini. Tapi saya tidak tahu namanya," tambahnya.

Salim menambahkan, pak Endut setiap harinya ngamen dengan suling di depan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mendapat jasa dari warga yang keluar dari ATM bahkan juga pengendara yang lewat di Jalan Panglima Sudirman.

Tentang tempat tinggalnya, M Saleh mendapat kabar jika malam beristirahat di Pasar Gotong Royong lantai dua. Di tempat itu menurutnya, ditemati orang yang senasib dengan korban. Katanya kalau tidur di Pasar Gotong Royong. Kalau asalnya, katanya Ponorogo," pungkas M Soleh.


Topik

Peristiwa berita-probolinggo Polresta-Probolinggo bapak-seruling-sakti-tewas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

Sri Kurnia Mahiruni