Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Hari Jadi Jombang Masih dalam Pembahasan Raperda

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - May - 2018, 21:53

Placeholder
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupatem Jombang, Dra Tjitrawatie. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Kabupaten Jombang sebentar lagi akan memiliki regulasi yang mengatur tentang hari jadi kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini. Regulasi tersebut tertuang pada Peraturan Daerah Kabupaten Jombang yang akan segera diselesaikan pada tahun 2018 ini.

Pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jombang dalam agenda pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2018, salah satunya terdapat Raperda yang membahas soal penentuan Hari Jadi Kabupaten Jombang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Joko Triono.

"Ada Raperda baru yang mau diajukan lagi, yang terkait dengan hari jadi Jombang, hari jadi Pemerintah Kabupaten Jombang," ungkap Joko Triono.

Menurut Joko Triono, Perda mengenai Hari Jadi Kabupaten Jombang tersebut harus segera diselesaikan dan akan dijadikan prioritas dalam pembahasannya. Hal itu dikarenakan anggaran untuk memperingati Hari Jadi sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur setiap tahunnya, namun tidak bisa terserap. 

Nantinya, lanjut Ketua DPRD, penetapan Hari Jadi Jombang akan mengacu pada dokumen yang menerangkan terbentuknya Pemerintahan Kabupaten Jombang pertama kali.

"Makanya tadi saya sampaikan kepada Pak (Pjs) Bupati, sudahlah, ambil Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang, kalau 'ngambil' Pemerintah Kabupaten Jombang, berarti sejak ada pemerintahan di Kabupaten Jombang, ada Bupati Jombang, itu kan mudah, sudah ada, jelas itu. Tapi nanti kalau 'ngomong' hari jadi Jombang, susah. Makanya saya setuju, hari jadi Pemerintah Kabupaten Jombang," ujar Joko Triono memaparkan.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupatem Jombang, Dra Tjitrawatie menyampaikan bahwa Pemkab Jombang sudah mengantongi dokumen mengenai Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Jombang. Dokumen tersebut menurut wanita yang kerap disapa Cicik ini, sebagai dokumen referensi untuk menentukan Hari Jadi Kabupaten Jombang. Dan kini sudah berada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jombang.

"Yang saya ketahui, dokumen itu sudah ada. Insya Alloh lima tahun ini, itu sudah ada di Bappeda. Dokumen itu sudah ada, dan ini rupanya masyarakat berkali-kali bertanya kapan dan kapan (ada hari jadi)," beber Plt Kadisbudpar Kabupaten Jombang saat ditemui di kantornya Jl Dr Soetomo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Selasa (22/5).(*)


Topik

Pemerintahan berita-jombang Kabupaten-Jombang Dinas-Kebudayaan-dan-Pariwisata-(Disbudpar)-Kabupatem-Jombang Rancangan-Peraturan-Daerah-(Raperda)-tahun-2018



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni