Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Ramadan Minggu Pertama, Harga Kebutuhan Pokok di Kabupaten Kediri Masih Stabil

Penulis : Eko Arif S - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - May - 2018, 19:40

Placeholder
Tim gabungan satgas pangan melakukan sidak di pasar induk Pare.

Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dan ketersediaan bahan baku, Tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri kembali melakukan sidak harga bahan pokok bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Tim satgas terdiri dari gabungan Satker Pemkab Kediri, Polres Kediri serta perwakilan dari BI dan Bulog. Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan, SIK., MH. turut pula dalam sidak ini.

Kali ini sidak dilaksanakan di Pasar Pamenang Pare dan Pasar Induk Pare. Selain itu juga dilaksanakan pengecekan langsung ketersediaan bahan pokok beras di gudang dan penggilingan padi Desa Canggu serta Desa Sumber Agung Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, Rabu (23/5/18). 

Bertindak sebagai ketua pelaksana Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten  Kediri, drh. Tutik Purwaningsih. “Kali ini tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri melakukan pengecekan langsung ke lapangan terkait harga bahan pokok, terutama beras, daging ayam maupun daging sapi, telur, cabai, dan kebutuhan pokok lainnya,” jelasnya.

Mengenai harga bahan pokok, drh. Tutik Purwaningsih menguraikan untuk kenaikan tidak ada. Malah sebaliknya terdapat banyak komoditi yang harganya turun seperti daging ayam yang sebelumnya Rp. 36 ribu/kg menjadi Rp. 34 ribu-35 ribu/kg, harga gula juga masih stabil sekitar Rp. 10 ribu – 11 ribu/kg, cabai Rp. 20 ribu/kg, bawang merah Rp. 20 ribu - Rp. 25 ribu/kg. 

“Bawang merah sendiri yang impor dari India untuk hari ini tidak kita temukan. Para pedagang membeli di petani lokal dari Nganjuk dan Batu Malang. Tim satgas pangan hanya menemukan harga telur yang masih fluktuatif, terjadi naik turun harga sekitar Rp. 19.000 – Rp. 25.000,-/kg. Itupun masih tergolong aman dan terkendali. Kabupaten Kediri merupakan penyumbang terbanyak produksi telur kedua di Jawa Timur, jadi untuk ketersediaan telur masih sangat tercukupi,” urainya.

Dari hasil sidak sebelumnya sampai hari ini, harga kebutuhan pokok masih stabil dan ketersediaan bahan baku pangan juga masih aman tercukupi.

“Harapan kami dari tim gabungan satgas pangan, dengan dilakukannya sidak pasar secara rutin, harga kebutuhan bahan pokok pangan di pasaran tetap stabil dan terkendali sehingga masyarakat tidak resah serta khawatir akan harga komoditi bahan pokok pangan khususnya di bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri,” tegas Tutik Purwaningsih. 


Topik

Ekonomi berita-kediri Tim-Satgas-Pangan-Kabupaten-Kediri Bulan-Ramadhan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif S

Editor

Sri Kurnia Mahiruni