Cara Rehabilitasi Gangguan Penyakit Jiwa Ala Posyandu di Puskesmas Tunggangri Ini Luar Biasa

Para pasien ODGJ dapat konseling di Posyandu Jiwa di Puskesmas Tunggangri (Foto : Anang Basso/Tulungagung TIMES)
Para pasien ODGJ dapat konseling di Posyandu Jiwa di Puskesmas Tunggangri (Foto : Anang Basso/Tulungagung TIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Tampak beberapa orang datang memasuki Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Tulungagung Sabtu (26/5/2018).

Beberapa orang tersebut tampak normal dan tidak juga dalam keadaan sakit fisik, namun ternyata kedatangan mereka untuk bersama-sama melatih kemandirian pasca mengalami gangguan jiwa (ODGJ) 

"Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) jangan di stigma negatif, justru mereka butuh support dari keluarga dan masyarakat," kata Kepala Puskesmas Tunggangri Dr Dony Wahyu BS. 

Orang dengan gangguan kejiwaan menurut Dony, perlu untuk melakukan sosialisasi dengan masyarakat. Demikian juga dengan masyarakat hendaknya memberikan ruang dan menerima keberadaannya dengan baik. 

"Mereka sudah cukup menderita dengan keadaannya, selayaknya kita berikan ruang dan kesempatan untuk bersosialisasi menyembuhkan diri," tambahnya. 

Puskesmas Tunggangri membuka pusat pelayanan terpadu (Posyandu) jiwa dan memberikan layanan berupa konseling agar penderita gangguan jiwa dapat menjaga kebersihan dan kesehatan diri. 

"Di Posyandu jiwa ini, mereka diajarkan untuk peduli pada kesehatan dan kebersihan diri dengan harapan mereka bisa mandiri dan mengurus diri sendiri," jelasnya 

Tak hanya mendapatkan penyuluhan dan bimbingan, para penderita ODGJ yang datang juga diajak bernyanyi bersama agar lebih rilek dan tidak tegang. 

"Untuk relaksasi mereka diajak bernyanyi bersama," paparnya 

Posyandu jiwa akan terus digelar rutin tiap tanggal 26, di tiap desa yang ada di Kalidawir, dari undangan 15 pasien ODGJ kegiatan tersebut dihadiri 9 pasien dan dilayani oleh tenaga dari Puskesmas Tunggangri. 

"Di Tulungagung ini masih dua Puskesmas yang punya layanan Posyandu jiwa yakni di Tunggangri ini dan di Puskesmas Beji," pungkasnya. 

Pewarta : Anang Basso
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top