Serba-Serbi Ramadan

Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Saat Sahur Picu Tubuh Cepat Lemas

Makan banyak nasi saat sahur akan menyebabkan tubuh menjadi lemas (Foto : Dok/MalangTIMES)
Makan banyak nasi saat sahur akan menyebabkan tubuh menjadi lemas (Foto : Dok/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Kebanyakan orang Indonesia beranggapan jika mengkonsumsi nasi dengan jumlah besar akan meningkatkan energi. Termasuk ketika puasa, nasi selalu menjadi andalan saat sahur ataupun berbuka.

Tapi dalam dunia medis, mengonsumsi nasi saat sahur dengan jumlah yang berlebihan justru tidak baik. Karena akan menicu tubuh cepat lemas dan lapar. Karena karbohidrat yang berlebihan dapat memicu kelebihan gula darah.

"Sehingga tubuh cepat letih dan lemas, serta lapar," terang ahli gizi Ayu Bulan Febry K D, AMG, S.KM, M.M.

Kelebihan gula darah menurutnya akan membuat hormon insulin sebagai penjaga stabilitas gula darah dalam tubuh akan bekerja ekstra keras untuk menekan melonjaknya kadar gula darah yang kemudian dibawa ke hati untuk disimpan. 

Sehingga, proses bekerja insulin akan membuat tubuh lenas karena kurang tenaga. Dia pun menganjurkan agar konsumsi nasi saat sahur tidak terlalu banyak. Termasuk jenis karbohidrat lain seperti roti dan mie, yang terkadang menjadi andalan karena praktis.

Dia pun menyarankan agar  mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tahan lama di lambung. Seperti sayur dan buah-buahan. Termasuk asupan sumber karbohidrat kompleka seperti beras merah, roti gandum, dan kacang-kacangan yang mampu mengikat air di dalam tubuh.

"Seperti pepaya, apel, atau melon yang mampu mencukupi vitamin dan mineral selama berpuasa," tambah perempuan berhijab itu.

Karena pemecahan protein menjadi sumber energi menurutnya berjalan lambat dan akan menyebabkan kadar normal gula darah bisa lebih terjaga.

Dengan mengatur konsumsi karbohidrat tapi memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi protein, maka tubuh akan bertahan tetap bugar seharian.

"Agar tidak lesu ada baiknya perbanyak konsumsi daging, ikan, sayur, dan kacang-kacangan," pungkasnya.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Heryanto
Publisher : sandi permana soebagio
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top