Demi Keselamatan, Disbudpar Lumajang Berlakukan Larangan Berswafoto di Dataran Tinggi

Salah seorang wisatawan saat melakukan swafoto yang kurang memperhatikan keselamatan. (Fot : Ahmad Jafin/ JatimTIMES)
Salah seorang wisatawan saat melakukan swafoto yang kurang memperhatikan keselamatan. (Fot : Ahmad Jafin/ JatimTIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Upaya kepedulian akan keselamatan tengah dilakukan sedini mungkin oleh jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang, terhadap para wisatawan yang hendak melakukan kunjungan untuk menikmati eksotisme di sejumlah tempat wisata yang ada di Kota Pisang.

Langkah ini mengingat begitu besarnya antusiasme para wisatawan saat melakukan swafoto yang seringkali kurang memperhatikan keselamatan dirinya.

"Swafoto saat ini memang sudah menjadi tren hampir pada semua kalangan. Hal ini sebenarnya mempunyai manfaat besar terhadap pengembangan obyek wisata. Akan tetapi seringkali para wisatawan kurang memperhatikan keselamatan saat berswafoto. Maka dari itu, pengembangan obyek wisata haruslah tetap mengutamakan keselamatan," ungkap Agni Asmara Megatrah Kabid Pemasaran Disbudpar Lumajang, Kamis (31/05/2018).

Memang melakukan swafoto di lokasi yang tinggi bisa mendapatkan latar lanscape indah dan memukau. Di sejumlah tempat wisata berdataran tinggi di Lumajang pastinya memiliki pemandangan yang eksotis, diantaranya air terjun Kapas Biru, Tumpak Sewu, Kabut Pelangi, B29, Gua Tetes, dan masih banyak lagi.

"Terdapat sejumlah lokasi wisata yang menyimpan sejuta keindahan, namun masih belum lengkapnya pengamanan di lokasi," tutur Agni saat memaparkan berbagai upaya keselamatan.

Sebagai langkah awal, pihak Disbudpar akan melakukan upaya imbauan kepada para wisatawan, salah satunya akan memasang banner, dan berkoordinasi dengan pihak pengelola tempat wisata setempat agar tingkat bahaya atau kecelakaan wisatawan bisa diminimalisir.

"Faktor keselamatan sangat penting, jangan sampai karena kelalaian diri bisa mengakibatkan terancamnya keselamatan diri kita," imbuhnya.

Lebih khusus, dirinya mengharapkan agar para wisatawan sangat memperhatikan keselamatan utamanya saat hendak berswafoto di tempat yang memiliki tingkat kecuraman tinggi. Apalagi, jika membawa keluarga, terlebih bersama anak-anak. "Baiknya pilih tempat yang aman saat berswafoto," ucapnya. (ADV).

Pewarta : Ahmad Jafin
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top