Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasar Gotong Kota Probolinggo Ruwet Akibat Parkir Ilegal

Penulis : Agus Salam - Editor : A Yahya

03 - Jun - 2018, 21:32

Placeholder
di jalan depan toko pakaian inilah kalau malam ditempati parkir ilegal (Agus Salam/Jatim TIMES)

Pedagang Pasar Gotong Kota Probolinggo, mengeluh akibat dagangannya tidak laku. Selain itu, mereka resah dengan situasi di dalam pasar yang tidak aman dan sering kisruh. Karenanya, mereka meminta pemkot segera menyediakan lahan parkir di luar pasar. Jika tidak, dipastikan omset jualan sejumlah pedagang akan turun

Situasi seperti itu disampaikan salah seorang pemilik toko atau bedak di dalam pasar, H. Ali, Minggu (3/6) siang. Tak hanya H Ali, pemilik toko yang lain istri H Hamid, juga mengatakan hal yang sama. Omset penjualannya menurun, akibat kendaraan roda dua parkir di depan tokonga (Dalam Pasar). Selain berdampak pada omset penjualan karena pembeli sepi, mereka juga mengeluh soal keamanan.

Di depam tokonya, sering terjadi kisruh dan perang mulut antar dua kelompok pemuda bahkan dengan pembeli. Selain itu, pembeli dan pedagang bising dengan raungan kenalpot sepeda motor sejumlah remaja yang masuk pasar. Mereka masuk ke dalam pasar dengan kendaraan roda duanya, sekedar jalan-jalan, berbelanja dan ngopi di warung kopi yang berlokasi diantara bedak yang jualan pakaian.

Mereka memarkir kendaraannya di tengah jalan depan toko, sehingga mengganggu pembeli yang hendak berbelanja. Seperti yang diceritakan H. Ali, salah seorang pedagang pakaian. Disebutkan, Sabtu (1/6) sekitar pukul 20.00 sejumlah pemuda Kisruh dengan seorang pembeli, lantaran istrinya disenggol salah satu pemuda. Sang suami tersinggung dan menegor pemuda yang menyenggol istrinya. Ditegor seperti itu rekan rekan si pemuda tidak terima dan menggeruduk pria yang membela istrinya.

Beruntung keributan tidak berlangsung lama, setelah pembeli dan pemilik bedak yang lain melerai dan menenangkan kedua pihak yang adu mulut. Kelompok pemuda yang nyaris Kisruh tersebut kemudian membubarkan diri dan keluar pasar, setelah aparat Polresta tiba di lokasi kejadian. “Ya, tadi malam kejadiannya. Istri pembeli disenggol pmuda. Suaminya marah-marah dan hampir saling pukul. Untung ada yang melerai,” ujarnya.

Istri pembeli disenggol pria lain karena jalan di depan toko H. Ali penuh sepeda motor parkir tak beraturan. Disenbutkan, sepeda tersebut milik pemuda yang ngopi di warung kopi depan toko H Ali, sebagian milik pembeli. Agar  kejdaian seurpa tidak terulang kembali, H Ali meminta pemkot segera menyediakan lahan parkir di luar pasar. “Sepeda motor gak boleh masuk. Biar pembeli tidak terganggu parkir. Akibat parkir di dalam mobil, pembeli sepi,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan istri H Hamid, pemilik toko baju utara H. Ali. Menurutnya, pemkot harus memperhatikan keluhan pedagang dan pembeli. Mengingat, saat ini pembeli ramai sehingga jualan pedagang laku. Sebab, selama 11 bulan atau habis lebaran, suasana pasar Gotong Royong sepi kembali. “Ttiap tahun puasa ramai. Mendekati lebaran, tambah ramai. Ini saja kesempatan kami. Kalau kisruh terus, kan tidak ada yang mau beli kesini lagi,” ujarnya.

Karenanya, ia berharap pemkot menyediakan lahan parkir di sisi utara pasar, ujung timur. Selama ini yang ada parkirnya hanya selatan, barat dan pojok utara pasar, sedang pojok tyimur-utara, tidak ada. Sehingga pengunjung masuk ke pasar dengan sepeda motornya dan diparkir di depan toko. “Kalau ada parkirnya, semua kendaraan tidak boleh masuk. Termasuk sepeda motor pemilik toko, tidak boleh masuk. Jadi biar tertib,” ujarnya.

Selain semrawut dan kisruh, pembeli dan pedagang resah dengan suara bising knalpot sepeda motor remaja yang ngopi di warung, selatan bedaknya. Setiap kali masuk dan pulang, mereka membunyikan knalpotnya sekeras-kerasnya.  Mereka membunyikan knalpotnya agar diperhatikan oleh cewek yang bekerja di toko. “Kan yang kerja di sini cantik-canti. Mereka cari perhatian. Kalau kisruh,m, tidak hanya tadi malam. Sebelumnya, serting terjadi kisruh di sini,” pungkasnya.

Terpisah, kepala UPT Pasar Gotong Royong Abdulolah, telah menindaklanjuti keluhan pedagang dan pembeli. Pihaknya malam ini telah menyiapkan lahan parkir yang bekerja sama dengan Dishub. Pihaknya juga telah berkirim surat ke Satpol PP dan Polsek Mayangan untuk membantu penjagaan di pintu masuk pasar sebelah timur dan utara. “Ini saya mau berangkat ke pasar. Menyiapkan lahan parkir. Kami sudah minta bantuan Satpol PP dan Polsek Mayangan,” aku Abdullah, usai buka puasa. .


Topik

Peristiwa probolinggo berita-probolinggo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

A Yahya