Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme, Menwa Unisba Blitar Gelar Pelatihan Wawasan Kebangsaan di Pondok Pesantren

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

04 - Jun - 2018, 13:06

Placeholder
Menwa Unisba Blitar dan santri Ponpes As-Syujaiyah foto bersama di sela-sela pelatihan.

Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar sukses menggelar kegiatan pelatihan bela negara (PBN) dan wawasan kebangsaan (wasbang). Kegiatan diselenggarakan Sabtu (2/6/2018) di Pondok Pesantren modern As-syujaiyah, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kabag Kemahasiswaan Unisba Blitar Minto Santoso mengatakan, pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan ini dikhususkan bagi santri pondok pesantren. “Ini agenda rutin Menwa Unisba yang digelar tiap tahun untuk berbagi dengan masyarakat. Dan alhamdulillah berjalan lancar,” ucap Minto.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan rasa kepemimpinan, kepedulian, dan menangkal paham radikalisme dan terorismen di lembaga pondok pesantren. “Masih kami temui anggapan pondok pesantren dicap sebagai sumber benih-benih munculnya paham radikalisme. Maka Menwa Unisba Blitar menggelar kegiatan ini di pondok pesantren untuk meminimalisasi paham radikalisme dan paham terorisme,” tegasnya.

Lebih lanjut Minto berharap para santri yang mengikuti kegiatan ini mampu meneruskan ilmu pelatihan ini kepada santri lainnya. Sehingga, ini juga sebagai langkah untuk menangkal hal-hal negatif yang mampu merusak kecintaan kepada tanah air. ”Melalui kegiatan PBN dan wasbang, harapannya ideologi santri tidak mudah terombang-ambing ke paham radikal," pungkas Minto. (*)


Topik

Pendidikan blitar berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy