Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Diduga Memeras, Oknum LSM Terkena OTT dan Digelandang Puluhan Warga Desa Pakel Banyuwangi

Penulis : Hakim Said - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Jun - 2018, 16:04

Placeholder
Oknum LSM AS saat digelandang puluhan warga pada Jumat malam di Desa Pakel Kecamatan Licin

Seorang oknum LSM bernama AS (inisial), terpaksa dikenai Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan digelandang puluhan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat malam (8/6/18). Karena oknum AS ini diduga telah melakukan aksi kejahatan pemerasan terhadap dua perangkat desa setempat.

Musaneb ketua pemuda Desa Pakel menyatakan, penangkapan ini bermula saat AS mengancam hendak melaporkan pelaksanaan proyek desa setempat di tahun anggaran 2016 yang dilaksanakan oleh dua orang perangkat desa,  Mu'arif, seorang staf desa dan Suwarno, Kepala Dusun (Kadus) Durenan, Desa Pakel.

"Nah, kedua korban ini mengaku dimintai uang Rp 1 juta. Jika tidak diberi, maka proyek desa tersebut akan dilaporkan ke Polda Jatim," tutur Musaneb kepada awak media, Sabtu (9/6/18).

Mendengar kabar tak sedap tersebut  para pemuda yang tak ingin desanya diobok-obok oknum LSM tak bertanggung jawab, langsung mengambil sikap. Dugaan aksi pemerasan mereka pantau. 

Dan begitu aksi dugaan pemerasan itu dilakukan, para pemuda Desa Pakel pun bergerak. Mereka serentak menyergap dan membekuk AS, si oknum LSM, lengkap beserta amplop berisi uang yang diduga hasil pemerasan, sebesar Rp 1 juta.

Saat ditangkap, AS sempat mencoba melawan dan menolak diserahkan ke pihak Kepolisian. Bahkan dia berusaha membuang amplop berisi uang yang diduga hasil pemerasan.

"Dengan beramai-ramai, pelaku kita serahkan ke Polsek Licin agar diproses secara hukum," lontar Musaneb.

Warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, berharap supaya AS, oknum LSM yang diduga melakukan tindak kejahatan pemerasan tersebut bisa ditindak sesuai hukum yang berlaku. "Akibat ulah main ancam oknum LSM itu, telah menimbulkan keresahan warga desa. Selain itu dikhawatirkan bakal berimbas pada terganggunya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pergelaran Pilkada Jawa Timur mendatang," pungkas Musaneb.  


Topik

Hukum dan Kriminalitas Oknum-LSM OTT Operasi-Tangkap-Tangan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hakim Said

Editor

Sri Kurnia Mahiruni