Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Tetap Kerja di Masa Cuti Libur Lebaran, Pelayanan Dispendukcapil Blitar Kondusif

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

11 - Jun - 2018, 23:39

Placeholder
Layanan selama cuti lebaran di Dispendukcapil Kab Blitar berjalan baik.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Cuti bersama libur Lebaran tahun ini dimulai pada Senin (11/6/2018). Seluruh perkantoran pemerintah sudah tidak beraktivitas, terkecuali kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Dispendukcapil tetap membuka pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Blitar yang ingin melakukan perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) selama cuti bersama libur Lebaran 2018 . Ini sesuai dengan surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/8039/Dukcapil tentang Percepatan Penerbitan KTP Elektronik.

Sekretaris Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Indah Ariyani, mengatakan pihaknya akan tetap

membuka layanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik selama cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pihaknya membuka layanan mulai tanggal 11, 12, dan 13 Juni. . Hanya, pada tanggal 14 hingga 20 Juni untuk sementara pelayanan ditiadakan. Hal itu merupakan bagian dari persiapan  jelang Pilgub Jatim, karena bagi penduduk yang telah masuk daftar pemilih tidak bisa menyalurkan suara ketika belum meelakukan perekaman data KTP-el.

“Pelayanan ini sebagai bentuk komitmen kita melayani dengan sepenuh hati dan membahagiakan masyarakat, sesuai instruksi Dirjen Kependudukan Kemendagri kita tetap membuka pelayanan saat libur cuti lebaran,” kata Indah Ariyani ditemui BLITARTIMES di ruang pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Senin (11/6/2018).

Selama cuti lebaran, pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB. Pantauan BLITARTIMES, pelayanan di hari pertama cuti libur lebaran di kantor Dispendukcapil berjalan kondusif.

“Jauh-jauh hari kami telah mengumumkan melalui website dan imbauan-imbauan bahwa hari ini kami masuk. Masyarakat sudah tahu dan hari ini banyak yang datang kesini. Ini indikasi bagus bahwa masyarakat benar-benar telah sadar adminduk, sadar adminduk dlam arti bagi dia sendiri,” ujarnya.

Kesadaran Adminduk bagi diri sendiri telah tercanangkan dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (Gisa) yang digagas Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Apapun kita butuh adminduk, untuk mencapai apapun dibutuhkan adminduk. Karena sudah menjadi gerakan terbukti animo masyarakat dalam mencari adminduk sungguh luar biasa,” tambah dia.

Menurut Indah, di hari pertama ini ada sekitar 300 pemohon mendatangi kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Pelayanan berjalan seperti biasa, seluruh dokumen dilayani kecuali perekaman e-KTP dibatasi 50 pemohon.

“Kalau biasanya di hari Senin pemohon bisa sampai 800, hari ini ada 300 pemohon. Untuk antrian e-KTP kita batasi hanya sampai nomor antrian 50 saja. Sementara pelayanan adminduk lainnya kita batasi dengan durasi waktu sampai jam 11.30,” tukasnya.

Lebih lanjut Indah menyampaikan, di hari pertama cuti lebaran ini banyak masyarakat yang mengambil e-KTP yang sudah jadi. Berkat sosialisasi yang efektif, masyarakat menjadi cepat tahu bila e-KTP nya sudah jadi dengan cek melalui aplikasi Android yang dibuat Dinas Kominfo.


Topik

Advertorial blitar berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Moch. R. Abdul Fatah