Jajan 'Amien Rais', Hidangan Khas di Meja Mama Saat Lebaran Tiba

Jajan PAN atau sering disebut jajan Amien Rais ini merupakan salah satu kue kering yang banyak disajikan saat lebaran Idul Fitri (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Jajan PAN atau sering disebut jajan Amien Rais ini merupakan salah satu kue kering yang banyak disajikan saat lebaran Idul Fitri (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Saat perayaan hari raya Idul Fitri tentu bukan hanya tradisi angpau dan sungkem yang banyak dinanti. Sederet hidangan khas tentunya menjadi daya tarik tersendiri di hari besar umat Islam itu.

Di Indonesia, tentunya ada sederet olahan yang menjadikan perayaan Idul Fitri semakin semarak. Salah satunya adalah kue kering yang hampir tak pernah absen dihidangkan di setiap meja rumah.

Buat kalian warga Malang, tentu mengenal dengan berbagai jenis kue kering yang selalu bikin rindu saat lebaran.

Salah satu yang paling kondang adalah jajan 'Amien Rais', kue berbahan dasar tepung terigu dan kelapa ini banyak dijumpai di Malang Raya saat lebaran tiba.

Penggunaan nama Amien Rais tentu mengingatkan kita dengan politisi Partai Amanat Indonesia (PAN) yaitu Amien Rais. Tapi jangan salah paham dan salah mengartikan ya guys. 

Kue kering Amien Rais ini bukanlah kue buatan politisi Amien Rais. Melainkan memang nama pelesetan dari kue kering yang memiliki rasa gurih dan legit dan sering ditemui saat Idul Fitri saja.

Kebanyakan orang menyebut olahan ini sebagai Jajan PAN sehingga begitu mendengarnya tak sedikit yang langsung memplesetkannya menjadi jajan Amien Rais.

Olahan yang satu ini memang hampir menjadi tradisi tersendiri bagi sebagian besar warga Malang Raya. Jadi tak heran saat berkunjung ke keluarga atau tetangga di Malang kalian akan disuguhkan dengan kue yang kondang dengan nama jajan 'Amien Rais' itu.

Kue kering ini memiliki bentuk yang beragam. Ada yang dicetak persegi panjang dan tipis, ada pula yang dicetak menyerupai bintang, bulan, bahkan bentuk hati. Warna kue kering ini putih pucat terkadang putih kecoklatan.

Rasanya pun gurih lantaran komposisinya juga terdapat parutan kelapa. Tapi saat ini, tak sedikit pula yang memilih untuk tak menambahkan kelapa di dalamnya. Meski begitu, jajan Amien Rais ini menawarkan sensasi berbeda saat dikunyah.

Kalian penasaran dengan bentuk dan rasa dari jajanan khas ini? Datang dan bertamu saja ke keluarga kalian di Malang, pasti nemuin yang namanya Jajan Pan alias Jajan Amien Rais.

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top