Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kasur Berenang di Saluran Irigasi, Air Genangi Jalan

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

20 - Jun - 2018, 19:14

Placeholder
Warga saat membersihkan saluran irigasi yang dipenuhi sampah di Dusun Tutup, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (20/6/2018). (Foto: BPBD Kota Batu for BatuTIMES)

Hujan kurang lebih selama satu jam mengguyur Kota Batu membuat Dusun Tutup Desa Torongrejo, Kecamatan Torongrejo tergenang air. Air yang menggenang itu disebabkan oleh sampah.

Air menggenang itu kurang lebih setinggai 15 centimeter, untungnya tidak masuk ke rumah warga. Meski saluran irigasi ini berdekatan dengan rumah warga. 

Terlihat saat warga membersihkan saluran irigasi itu terdapat beragam sampah. Mulai dari sampah rerumputan, popok bayi, kasur, ranting pohon, kayu,  sampah plastik dan sebagainya. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan faktor utama air menggenang itu disebabkan oleh sampah. Dan adanya penyempitan sungai karena jembatan. 

“Banyak sampah yang tersangkut pada jembatan sehingga menutup aliran sungai dan menyebabkan air sungai meluap ke jalan,” ungkap Rochim saat dikonfirmasi. 

Terlebih dimensi jembatan lebar 3 meter tetapi lubang jembatan itu kurang lebih dua meter. Apalagi kejadian bukan pertama kali, karena itu pihaknya telah merekomendasikan kepada dinas terkait untuk dilakukan pembongkaran.

“Kejadian ini bukan yang pertama kali. Sebelunya kami merekomendasikan untuk dibongkar agar tidak terjadi lagi air menggenang,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Torongrejo Sugeng Santoso Widjojo menjelaskan memang di daerah tersebut sudah menjadi langganan banjir. Setidaknya setiap awal hujan pasti terkena bencana banjir.

“Banjir sudah jadi langganan. Karena saluran irigasi kecil dan sampah kiriman jadi mengakibatkan banjir,” kata Sugeng.

 


Topik

Peristiwa berita-batu Saluran-Irigasi Kecamatan-Torongrejo Air-Genangi-Jalan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya