Hari Minggu Pagi, Waktunya Nyenggol di Tulungagung

Salah satu pengunjung saat menikmati nasi pecel di Pasar Senggol. (foto : Joko Pramono/Tulungagungtimes)
Salah satu pengunjung saat menikmati nasi pecel di Pasar Senggol. (foto : Joko Pramono/Tulungagungtimes)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNGKata "nyenggol" akrab di telinga warga Tulungagung. Apalagi bagi yang berada di sekitar Kecamatan Kedungwaru dan sekitarnya. Kata nyenggol merupakan istilah bagi warga yang pergi ke Pasar Senggol, pusat jajanan dan makanan tradisional yang hanya ada setiap hari Minggu. 

Pasar Senggol berada di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru. Letaknya yang berada di sekitar areal perkebunan tebu justru membuat daya tarik tersendiri. Tak kurang 2 ribu orang nyenggol tiap Minggu. "Kalau cari makanan tradisional, ya nyenggol kesini," ujar Yuli, salah satu pengunjung asal Desa Ketanon, Kedungwaru.

Di Pasar Senggol, pengunjung bisa menikmati berbagai jajanan tradisional seperti cenil, lupis, gethuk, kicak, sompil, nasi pecel. Tak perlu risau. Aneka jajanan yang dijual dibsini cukup terjangkau. Untuk 1 bungkus kicak dan teman-temannya, pengunjung cukup merogoh kocek 2 ribu rupiah. Murah bukan? "Tadi beli 5 bungkus cuma bayar 10 ribu," imbuh ibu 2 anak itu.

Senada dengan Yuli, Lina -salah satu penjual di Pasar Senggol- menuturkan jika setiap Minggu banyak warga yang nyenggol dan sekadar jalan-jalan di pasar yang terkenal akan jajan tradisionalnya itu. "Banyak juga yang dari luar kota," ungkap Lina.

Setiap Minggu, dirinya bisa meraup omzet hingga ratusan ribu dari jualan jajanan tradisional. "Lumayanlah buat bantu dapur tetap ngebul," imbuhnya kepada awak media. 

Tidak dipungut biaya untuk pergi ke Pasar Senggol, pengunjung hanya cukup membayar uang parkir 2 ribu rupiah untuk roda 2 dan 3 ribu rupiah untuk jenis mobil. Tertarik? Tunggu hari Minggu ya! (*)

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top