Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Adakah yang Lebih Angker dari Lima Kuburan di Tulungagung Ini? Ceritanya Bikin Merinding

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Jul - 2018, 16:49

Placeholder
Makam Mbah Semare di lingkungan Pemakaman Jatiwayang Dusun Beji Desa Ngunut Tulungagung (Foto: Anang Basso / TulungagungTIMES)

Banyak sekali makam atau kuburan di Tulungagung yang dipercaya masih keramat (angker). Bermacam cerita di masa lalu, masih melegenda dan bahkan sebagian masyarakat masih menganggap bahwa cerita masa lalu itu sebagai bukti betapa angkernya kuburan. 

TulungagungTIMES merangkum 5 kuburan yang masih dianggap angker dan bahkan saking angkernya di malam-malam tertentu masih ada orang datang untuk ngalap berkah dengan beragam tujuan. Ada yang meminta sukses usaha, minta jodoh hingga mencari wangsit togel. 

1.Kuburan Jati Wayang 

Di makam yang berada di Dusun Beji Desa / Kecamatan Ngunut ini konon ada tokoh sakti dimakamkan di sana. Dikenal oleh warga sekitar sebagai Pasarean Mbah Semare yang berada tepat di utara pohon beringin besar di tengah kuburan. 
"Dulu kadang sering terdengar suara wayang, makanya dinamakan Jati Wayang. Belum lama ini saya sebagai saksi, tengah malam ada wayang yang saya cari sambil berjalan hingga Desa Buntaran, ternyata asal suara itu dari Jati Wayang," kata Imam Muhyi (75) yang berada di makam. 

Imam adalah tokoh sepuh yang sering melakukan ritual, baik sendiri atau bersama dengan teman dan tamu. 
"Ada pohon jati besar sekali, dipotong oleh orang dan yang memotong itu satu keluarga mati semua satu persatu," ceritanya. 

Aroma mistis masih kuat di makam ini, meski tak serimbun dan gelap seperti dulu makam Jati Wayang masih sangat dipercaya menjadi rumah bagi "makhluk gaib". 

2. Kuburan Sambijajar Sumbergempol 

Sekitar era 90 an, kuburan ini pernah menjadi buah bibir. Pasalnya, saat belum ada listrik masuk desa seorang pemilik usaha hiburan video yang saat itu menjadi hiburan favorit diundang untuk memutar video di rumah orang hajatan
"Itu sekitar tahun 90 an, pernah heboh cerita itu tapi kini sudah terang tidak gelap seperti dulu," kata Agus Bastomi (40) warga setempat 

Pemilik usaha video awalnya merasa tidak aneh, penonton yang datang konon juga membludak. Namun setelah subuh datang, pertunjukan habis lampu diesel dimatikan baru sadar jika pemutaran video berada di tengah kuburan. Cerita itu kini masih sering dibicarakan generasi berikutnya dan membuat kuburan ini masih dikenal punya aura mistis yang kuat. 

3. Kuburan Lor Bulusari Kedungwaru 

Ada kisah nyata di kuburan ini yang masih bisa ditelusuri pada warga sekitar. Aneh, seorang yang mabuk karena minum alkohol diceritakan bertemu seorang perempuan cantik. Setelah akhirnya keduanya berjalan-jalan dengan sepeda, berhentilah di suatu tempat dan melakukan perbuatan layaknya suami istri di tempat yang menurutnya seperti dalam kamar. 
"Pagi harinya, orang itu ternyata "ngeloni" kijingan di kuburan, tapi sayang orang itu kini sudah meninggal, jika belum pasti bisa cerita lengkap," jelas Sugianto membenarkan adanya cerita mistis di Kuburan Bulusari Lor.

4. Kuburan Umum Desa Kates Rejotangan 

Belum lama, atau tepatnya tahun 2015 lalu warga Desa Kates Kecamatan Rejotangan mendadak gempar. Pasalnya, salah satu kuburan di pemakaman umum terus bergetar seakan ada yang hidup di dalamnya. Padahal kuburan yang bergetar tersebut merupakan kuburan lama dan belum tahu siapa pemiliknya karena tidak ada nama yang tercantum dalam nisannya.

“Saya justru baru tahu siang, karena ingin ziarah kok banyak sekali warga yang datang. Saya turut melihat dan mencoba meletakkan gelas berisi air di atas kuburan, eh benar airnya bergerak seperti ombak. Padahal di kuburan lain yang banyak di sampingnya gelas itu saya letakkan airnya tidak bergerak sama sekali,” ungkap tukang ojek di sekitar kompleks makan, Awek (34) saat itu. 

Meski akhirnya pihak berwajib dan keluarga menyetujui makam dibongkar dan dibenarkan letaknya karena makam dianggap bergetar karena pengaruh getaran mesin yang tak jauh dari lokasi. Hingga kini, tetap saja cerita mistis dari kuburan yang berada di perbatasan Tulungagung dan Blitar masih menjadi buah bibir. 

5. Kuburan Krapyak di Desa Beji Kecamatan Boyolangu 

Banyak sekali cerita masa lalu yang masih dipercaya dan menjadikan kuburan ini begitu dikenal sebagai kuburan yang angker.

"Bukan hanya becak yang tiba-tiba masuk di tengah kuburan, orang juga ada yang konon tiba-tiba di tengah kuburan malam-malam," kata Imron (38) seorang warga yang tak jauh dari kuburan yang berada di barat jalan itu. 

Kuburan Krapyak yang sebenarnya berada di pinggir jalan yang ramai dan dekat dengan kawasan perkotaan ini masih sering disebut sebagai kuburan angker dan banyak orang yang sesumbar buruk di kuburan ini akan menuai sial dan mendapatkan bala' yang tak terduga. 

Masih banyak kuburan angker di kota marmer dengan sederet cerita mistis. Namun lima kuburan yang berhasil di telusuri TulungagungTIMES ini semoga cukup menjadi referensi dan untuk lebih berhati-hati menghormati kearifan lokal yang ada di sekitar kita. Wallahu a'lam. 

 

 


Topik

Agama berita-tulungagung Lima-Kuburan-angker-di-Tulungagung kuburan-angker Makam-Mbah-Semare



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni