DPRD Kabupaten Blitar Dorong Optimalisasi DBHCHT

Mujib, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)
Mujib, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, meminta Pemerintah Kabupaten Blitar mengoptimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Tahun ini Pemkab Blitar mendapat dana DBHCHT sebesar Rp 15,7 miliar. Jumlah ini meningkat dimana tahun lalu mendapat kucuran Rp 14 miliar.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Mujib, menegaskan DBHCHT yang diperoleh Pemkab Blitar harus dikelola dengan baik. Agar manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Menurut dia, DBHCHT berperan penting terhadap kesejahteraan rakyat.

“Dalam pengelolaan DBHCHT itu kan ada aturan dari Kementerian  Keuangan.  Sehingga DBHCHT itu harus digunakan sesuai aturan yang ada,” kata Mujib, Selasa (10/7/2018).


Mujib juga menyarankan agar penggunaan DBHCHT ini bisa tepat sasaran. Dalam pemakaiannya juga diharapkan selalu ada evaluasi demi pemanfaatannya untuk kepentingan masyarakat secara langsung.

Pemkab Blitar melalui organisasi perangkat daerah (OPD) membuat banyak program yang bersumber dari DBHCHT. Ada pun satu contoh pemanfaatan DBHCHT diantaranya workshop bagi petani tembakau, eksplorasi tembakau khas Blitar pembangunan puskesmas hingga pengelolaan lingkungan.

“Anggaran DBHCHT jangan sampai tidak terserap, harus terserap. Dan dalam pelaksanaannya harus memberikan manfaat untuk rakyat,” tegasnya.

Pembagian dana bagi hasil cukai dan tembakau diatur mempedomani ketentuan Peraturan Menteri Keuangan nomor 197/pmk.07/2009. Yakni tentang dasar pembagian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau kepada Provinsi Penghasil Cukai dan/atau Provinsi Penghasil Tembakau.

Sementara program dan kegiatan OPD sesuai tupoksinya mempedomani Peratuan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2017  tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau.

“Hingga pertengahan tahun ini ada beberapa program kegiatan DBHCHT yang belum jalan, seperti pembangunan Puskesmas. Kita mendorong kepada OPD pelaksana program tersebut untuk segera menjalankan kegiatanya. Agar DBHCHT segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuntasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top