Lima Tempat di Blitar dengan Penduduk Paling Ramah

Kegotong royongan warga Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro, menggelar kenduri di sawah. Warga setempat dikenal sebagai penduduk yang ramah.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Kegotong royongan warga Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro, menggelar kenduri di sawah. Warga setempat dikenal sebagai penduduk yang ramah.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Banyak alasan ketika traveler memilih untuk mengunjungi Blitar sebagai tempat wisata atau persinggahan. Entah itu karena panorama alamnya, kuliner, tempat bermain hingga budayanya. Namun, tahukah kamu bahwa ada alasan lain yang sejatinya juga diincar para traveler selain itu semua? Ya, keramahan penduduknya.

Lewat hal ini (keramahan) mereka bisa mendapatkan pengalaman baru dan kenyamanan selama berkunjung. Coba bayangkan jika kita berkunjung ke sebuah kabupaten/kota atau negara namun masyarakatnya begitu tidak peduli atau cuek dengan turis yang menanyakan alamat?  Bikin baper dong.

Nah, hal itu dijamin tidak akan kalian temukan saat berkunjung ke Blitar. Ya, Blitar yang dibagi kedalam dua pemerintahan, kabupaten dan kota, dikenal sebagai daerah yang sangat ramah kepada para pelancong. Berikut BLITARTIMES akan merangkum 5 tempat teratas di Blitar yang paling ramah, tempat kamu kah salah satunya?

1.Sanankulon

Menginjakkan kaki pertama di Kecamatan Sanankulon seperti membawa anda ke lorong waktu. Keramahan dan kesopanan santunan penduduknya nyaris tak jauh berbeda dengan puluhan tahun silam.

Kalau kamu merajut percakapan dengan penduduknya, jangan heran bila penduduk lokal Sanankulon rajin tersenyum.Dan kalaupun anda bermukin di sana sebagai penduduk baru, jangan heran bila langsung diterima seperti saudara.

Masyarakat desa-desa di Sanankulon terkenal taat dalam beribadah. Tak heran di daerah ini banyak terdapat surau, mushola, masjid dan pondok pesantren. Kegotongroyongan warga masih cukup kuat, tempat ibadah sering digunakan untuk mengaji dan kenduri.

2. Nglegok

Kecamatan yang berada di ujung paling utara Kabupaten Blitar ini dikenal memiliki keramahan terhadap penduduk asing. Nglegok dikenal sebagai surganya tempat wisata di Kabupaten Blitar. Di sini ada Candi Penataran, Bukit Teletubbies, Keboen Kopi Karanganyar hingga Gunung Kelud. Penduduk di sini sangat membantu turis dan siap merekomendasikan tempat wisata yang layak dikunjungi.

Warga Nglegok sudah terbiasa berinteraksi dengan turis. Maka tak heran jika sangat banyak turis berinteraksi dengan penduduk seperti orang yang sudah lama kenal karena begitu akrab. Kalau main kesini kamu akan seperti di rumah sendiri karena keramahannya.

3.Kademangan

Punya banyak desa di perbukitan, Kademangan merupakan daerah yang banyak dikunjungi wisatawan. Kademangan punya dua tempat wisata terkenal. Mulai dari Kampung Cokelat yang menyuguhkan sejarah pembuatan dan produksi cokelat. Dan Bukit Bunda, wisata adventure di perbukitan kapur dengan banyak wahana menakjubkan.

Selama di Kademangan tentunta traveler akan merasakan hangat dan ramahnya penduduk setempat. Mereka akan dengan senang hati berinteraksi dengan turis dan membantu mereka selama kunjugan disana.

4.Kanigoro

Kota baru dan pusat pemerintahan Kabupaten Blitar ini terkenal ramah kepada wisatawan. Ada banyak desa di Kanigoro yang tetap memegang teguh kearifan lokal.

Bila sempat berkunjung ke pedesaannya, traveller akan berjumpa dengan  bangunan peninggalan perang Diponegoro. Salah satunya adalah Pondok Pesantren tertua di Blitar yakni Ponpes Nurul Huda di Desa Kuningan.

Kanigoro dikenal sangat ramah kepada wisatawan. Sebagai ibu kota dan perlahan bergeser menjadi pusat budaya, Kanigoro cukup sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Warga Kanigoro amat ramah kepada turis, wujud keramahan itu salah satunya dengan murah senyum dan rajin bertegur sapa.

5.Kesamben

Apa yang terbayang dalam pikiran kamu ketika mendengar Kecamatan Kesamben? Tempat yang punya keindahan alam pastinya.

Daerah yang dikenal sejuk dan banyak persawahan ini terkenal memiliki keramahan penduduk yang luar biasa.

Penduduk juga dengan senang memberi senyuman dan menyapa turis. Jadi tidak salah kalau mereka menempati posisi keempat. Salah satu tempat wisata terkenal dari Kesamben adalah Hutan Pinus Gogoniti di Desa Kemirigede.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top