Pileg 2019, Kursi DPRD Kota Malang Diperebutkan Darah Muda

Pendaftaran bakal calon legislatif sudah dibuka. Sebagian besar partai politik pilih usung kader muda dan wajah baru (Pipit Anggraeni)
Pendaftaran bakal calon legislatif sudah dibuka. Sebagian besar partai politik pilih usung kader muda dan wajah baru (Pipit Anggraeni)

JATIMTIMES, MALANGPemilihan Legisltif (Pileg) 2019, kursi DPRD Kota Malang bakal diperebutkan darah muda. Sebab, rencananya, 16 partai yang lolos verifikasi akan mendaftarkan kadernya yang rata-rata masih berusia 35 hingga 45 tahun.

PKB, misalnya, hampir 70 persen memiliki kader berusia 40 tahunan untuk maju dalam pileg tahun depan. Dari PKB, yang paling muda berusia 24 tahun, dan paling tua 58 tahun.

"Dan kami akan serahkan 45 nama. Dua di antaranya petahana yang saat ini masih menjadi anggota DPRD Kota Malang," kata Ketua LPP DPC PKB Kota Malang Arief Wahyudi.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC PDIP Kota Malang I Made Rian D.K. Made menyebut j PDIP akan menyerahkan nama dengan wajah-wajah baru dan berusia muda. Para politisi muda itu sendiri merupakan kader internal dari partai yang dikenal dengan warna merah itu. 

"Yang maju rata-rata politisi nuda dengan usia 40-an. Paling muda 28 tahun dan yang tertua 56 tahun," ungkapnya.

Dalam pileg tahun depan, PDIP akan menyetorkan 45 nama. Enam di antaranya merupakan kader yang kini masih duduk sebagai anggota dewan. Sementara satu anggota lain yang juga masih menjabat sebagai anggota dewan memutuskan mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. "Pak Moko (Priyatmoko Oetomo) mengundurkan diri dengan alasan kesehatan," tambah Made.

Wakil Ketua Bappilu DPC Partai Demokrat Kota Malang Wisnu Murti Wibowo menyampaikan bahwa partainya akan menyetorkan kader dengan rentang usia 21 hingga 60 tahun. Usia yang mendominasi adalah 35 hingga 45 tahun.

"Wajah lama masih mendominasi dan wajah baru sekitar 15 persen. Tapi rata-rata berusia muda," ujarnya lalu menyebut jika kadernya yang masih duduk sebagai anggota dewan akan kembali mencalonkan diri.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai pendatang baru juga memilih menyetorkan nama-nama politisi dari generasi muda dengan rentang usia 35 tahunan. Bacaleg yang akan maju berusia 22 hingga 50 tahun. "Tapi 80 persen berusia 35 tahun," jelas Ketua DPD PSI Kota Malang Achmad Faried. (*)

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top