Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Membanggakan, Sosiologi Unisba Blitar Raih Akreditasi B

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Jul - 2018, 20:26

Placeholder
Novi Catus M (kanan) bersama Eko Adi Susilo, Kaprodi Administrasi Negara Unisba Blitar (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, sukses meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT). Status akreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor: 1867/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 tentang status akreditasi Prodi Sosiologi tanggal 17 Juli 2018.

Hal ini disampaikan Kaprodi Sosiologi Unisba Blitar, Perguruan Tinggi  kepada BlitarTIMES, Kamis (19/7/2018). Menurut Novi, pada akreditasi sebelumnya prodi ini meraih akreditasi C namun pada saat ini meningkat menjadi B.

Akreditas yang dilakukan BAN PT secara online sehingga hasilnya diumumkan secara online pada Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

"Dengan akreditasi ini masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk kuliah di Sosiologi Unisba. Kondisi ini membuktikan bahwa Sosiologi Unisba Blitar masih bereksistensi dan sekaligus menyatakan kepada masyarakat bahwa sebagai perguruan tinggi Unisba Blitar berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat,” kata Novi Catur Muspita.

Novi menambahkan, Program Studi Sosiologi Unisba Blitar dimaksudkan untuk mempersiapkan sosiolog, tenaga peneliti dan analis sosial hingga tenaga pendidik, pendamping dan pemimpin komunitas serta pelaksana dan evaluator kebijakan sosial. Lulusan prodi Sosiologi diharapkan akan mampu memecahkan aneka problem sosial di masyarakat.

Jenjang karier bagi Sarjana Sosiologi sangat beragam. Lulusan Sosiologi dapat bekerja sebagai  Advice worker di berbagai lembaga seperti pusat-pusat komunitas sosial, rumah sakit, pengadilan, penjara, serta di pusat-pusat informasi khusus.

Kemudian sarjana sosiologi juga dapat berkarier sebagai peneliti sosial, pekerja sosial, pengajar baik di SMA atau perguruan tinggi, community development worker membantu masyarakat untuk membawa perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup di daerah mereka (di Indonesia salah satunya dikenal dengan pendamping desa) dan pegawai instansi pemerintah.

“Di jaman sekarang ini lulusan Sosiologi sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan lembaga mulai dari tingkat desa hingga berbagai bidang bisnis. Karena apa?, saat ini masalah sosial semakin kompleks dan yang bisa memecahkan masalah tersebut adalah sosiolog,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Universitas-Islam-Balitar kerja-sama Novi-Catur-Muspita.



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni