Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

KPU Jombang Tetapkan Bupati Terpilih Akhir Juli

Penulis : Adi Rosul - Editor : A Yahya

20 - Jul - 2018, 17:24

Placeholder
Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi Saat Diwawancarai. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Bupati dan Wakil Bupati Jombang terpilih akan segera ditetapan pada akhir bulan Juli 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi.

Diwawancarai JombangTIMES di kantor KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi mengatakan, MK baru meregister semua Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) yang masuk 23 Juli mendatang. Baru setelah itu, bagi daerah kabupaten/kota maupun provinsi yang tidak ada PHP masuk akan langsung dikirimkan surat pemberitahuan. Surat pemberitahuan tersebut lanjut Muhaimin, nantinya menjadi dasar dilakukan penetapan hingga pelantikan paslon terpilih.

”Kita memang menunggu surat dari MK, apabila dalam surat tersebut tidak tercantum PHP maka KPU diberi kewenangan untuk menetapkan pasangan calon terpilih,’’ kata Muhaimin, ditemui di kantor KPU di Jalan KH Romli Tamim, Jumat (20/7).

Berbeda dengan penetapan Kepala Daerah di tingkat Kabupaten/Kota yang harus menunggu 3 hari setelah PHP teregister oleh MK, pada Gubernur terpilih akan ditetapkan 1 hari setelah PHP teregister. "Artinya kalau KPU provinsi melakukan penetapan 24 Juli kalau KPU kab/kota dilakukan 26 Juli 2018,’’ ujarnya.

Sementara, untuk prosesi penetapan nantinya, Muhaimin mengatakan, akan mengacu pada perolehan suara. Ketiga paslon masing-masing paslon nomer urut 1 Mundjidah Wahab – Sumrambah, paslon nomer 2 Nyono Suharli Wihandoko – Subaidi Muchtar dan paslon 3 Syafiin – Choirul Anam.

"Mereka kami minta hadir saat pleno penetapan nanti. Kami juga mengundang jajaran partai pengusung dan sejumlah tamu lainnya. Insya Allah penetapan kita lakukan 26 Juli," pungkasnya.

Sekadar diketahui, dari hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Jombang yang digelar di Gedung Husni Kamil Manik Kantor KPU Kabupaten Jombang, Kamis (5/7) lalu, diketahui Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang Nomor urut 1, Hj Mundjidah Wahab - Sumrambah mendapatkan perolehan suara tertinggi yaitu 308.536. Sedangkan Paslon Nomor 2, Nyono - Subaidi mendapatkan 219.388 suaran, dan paslon nomor 3, Syafiin - Choirul Anam memperoleh 110.893 suara.(*)

 


Topik

Politik berita-jombang KPU-Kabupaten-Jombang Muhaimin-Shofi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

A Yahya