Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

281 CJH Kota Batu Berangkat, 134 Risiko Tinggi dan 1 Gagal Naik Haji

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

21 - Jul - 2018, 18:01

Placeholder
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso memberikan salam kepada para CJH di masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jl Sultan Agung, Sabtu (21/7/2018).

 Sebanyak 281 calon jamaah haji (CJH) Kota Batu diberangkatkan menuju tanah suci dari masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jl Sultan Agung, Sabtu (21/7/2018). Isak tangis keluarga melepas kepergian sanak saudara maupun orang tua pun melebur dalam pemberangkatan ini. Pemberangkatan dilakukan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Namun, dari jumlah itu, sebanyak 134 CJH masuk dalam kategori rentan risiko tinggi (risti) dan 1 CJH gagal berangkat. Jamaah yang masuk dalam kategori risti ini terdiagnosis memiliki risiko seperti terkena serangan jantung, darah tinggi, dan ginjal.

"Bagi CJH yang dalam kategori risti, kami minta agar diberi pendampingan ekstra di setiap aktivitasnya. Hingga membawa obat-obatn yang diperlukan," ungkap Punjul. 

CJH yang masuk dalam kategori risti memang perlu pendampingan. Meskipun saat berangkat kondisinya sehat, nantinya bisa berubah. Sebab, kegiatan ibadah di tanah suci padat. Cuaca di sana juga beda dengan di Indonesia.

CJH Kota Batu tergabung di kloter (kelompok terbang) 14. Mereka bersamaan dengan CJH daerah Sampang, Madura. 

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Batu Musta’in menambahkan, selain 134 CJH masuk dalam risti, ada satu CJH terpaksa tidak bisa diberangkatkan. Satu CJH ini gagal ke tanah suci karena kondisi kesehatannya. "Karena mengutamakan kesehatan dan satu CJH ini sudah masuk kategori risti level tinggi sehingga kami tidak bisa memberangkatkan," katanya. 

CJH tersebut memang saat ini sedang dalam kondisi sakit. Karena itu, Kemenag Kota Batu tidak bisa memberangkatkannya.

Mustain menambahkan, CJH akan berada di Tanah Suci sampai 31 Agustus mendatang. (*)


Topik

Agama Wakil-Wali-Kota-Batu Punjul-Santoso masjid-Kementerian-Agama-Kota-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy