Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tetap Waspada, Gelombang Laut Selatan Diprediksi Masih Menakutkan

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

21 - Oct - 2018, 14:08

Placeholder
Pantai Balekambang, salah satu pesisir laut yang terbilang bergelombang tinggi. (Dok MalangTIMES)

Masyarakat pecinta alam atau penggemar wisata pantai, khususnya di pesisir laut selatan Jawa Timur atau di Samudera Hindia, serta para nelayan di dua wilayah tersebut dihimbau untuk tetap waspada saat melakukan aktivitasnya. 

Imbauan tersebut secara resmi dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya. Pasalnya, BMKG memprediksi ketinggian gelombang di Samudera Hindia bagian selatan Jatim masih terbilang tinggi. 

Arrizal R. Fathoni, forecaster on duty stasiun BMKG Surabaya menyatakan, ketinggian gelombang di wilayah tersebut masih berkisar antara 1,5 meter sampai dengan 3 meter.  "Ketinggian gelombang di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia masih diprediksi tinggi diibandingkan dengan di laut Jawa bagian timur yang terbilang kondusif. Karena itu, kami mengimbau masyarakat tetap waspada," kata Fathoni,  Minggu (21/10/2018). 

Imbauan tersebut juga berlaku bagi wilayah pesisir laut Malang Selatan yang termasuk dalam perairan Samudera Hindia. Misalnya,  kawasan pesisir yang ada  di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Bantur, Ampelgading, Tirtoyudo, Gedangan, dan Donomulyo.

Seperti diketahui,  wilayah pesisir Malang selatan merupakan wilayah pariwisata favorit masyarakat. Terutama pada saat hari libur atau akhir pekan. Keelokan alam deretan pantai Malang selatan terkadang membuat warga yang datang terkadang abai atas ganasnya gelombang laut. 

Hal tersebut yang membuat kecelakaan laut di wilayah Malang selatan masih terjadi. Baik di Pantai Bajulmati, Nganteb, Rante Wulung, Goa China dan beberapa kawasan lainnya.

Fathoni juga menyampaikan, cuaca secara umum di pesisir Jawa berawan tebal hingga hujan. Sedangkan untuk arah angin, dominan dari arah tenggara menuju selatan. "Kecepatan angin maksimum di laut Jawa sebesar 22 knots atau 41 kilometer per jam. Sedangkan di Samudera Hindia atau selatan Jatim sebesar 26 knots atau 48 kilometer per jam," ujarnya. 

Kondisi inilah yang membuat BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat berada di pesisir laut selatan atau di Samudera Hindia. 

Pihak pengelola wisata pantai pun menjadi bagian dalam memberikan informasi kondisi di wilayahnya kepada masyarakat. Seperti pengelola wisata Pantai Balekambang yakni PD Jasa Yasa Kabupaten Malang. 

Ahmad Faiz Wildan, direktur PD Jasa Yasa Kabupaten Malang,  senantiasa memberikan informasi dan peringatan di pesisir Pantai Balekambang. Beberapa rambu larangan dipasang serta petugas keamanan pantai terus siaga. "Ini menjadi bagian kewajiban kita untuk memberikan keamanan masyarakat pengunjung. Selain tentunya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya. (*) 

 


Topik

Peristiwa Gelombang-Laut-Selatan gelombang-tinggi BMKG-Surabaya wisata-pantai-kabupaten-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy