Puluhan personel gabungan saat menghadiri agenda rapat koordinasi membahas pengamanan laga Arema FC menghadapi Persebaya. (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

Puluhan personel gabungan saat menghadiri agenda rapat koordinasi membahas pengamanan laga Arema FC menghadapi Persebaya. (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)



Ribuan personel gabungan bakal diturunkan untuk melakukan pengamanan derby Jatim antara Arema FC Malang kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kamis 15 Agustus 2019.

Polres Malang mengerahkan hampir 2 ribu atau lebih tepatnya 1.749 personel gabungan. Jumlah kekuatan itu diungkapkan  Kabag Ops Polres Malang Kompol Sunardi Riyono saat memimpin agenda rapat koordinasi (rakor) terkait pengamanan pertandingan, Selasa (13/8/2019).

Dalam agenda rakor yang diselenggarakan di ruang Rupatama Polres Malang ini, hadir seluruh PJU (pejabat jajaran utama) Polres Malang. Selain itu, hadir kapolsek jajaran yang ada di wilayah hukum Polres Malang, denpom, kodim, Yon Zipur, Yon 512, satpol PP, dishub, tim Kesehatan, PMK dan panpel Arema.

”Selain dari personel kepolisian, juga melibatkan beberapa petugas gabungan. Di antaranya dari anggota TNI, dishub, satpol PP, serta berbagai elemen lainnya,” sambung Sunardi.

Perwira polisi dengan satu melati di bahu ini menambahkan, ribuan personel gabungan yang dikerahkan nantinya bakal mulai melakukan pengamanan sebelum laga resmi berjalan.

Perlu diketahui, kick off pertandingan antara Arema vs Persebaya dimulai  pukul 15.30 WIB. ”Personel gabungan ini bakal dikerahkan sebelum hingga sesudah pertandingan berlangsung. Mulai dari pengamanan di dalam maupun di luar stadion, hingga akses lalu lintas tidak luput dari pengamanan,” ucap Sunardi.

Selain fokus pengamanan laga, polisi juga akan menyiagakan beberapa kendaraan taktis lapis baja guna pengamanan para penggawa Persebaya saat menuju maupun pulang dari Stadion Kanjuruhan.

”Sedikitnya ada empat rantis yang kami siagakan untuk mengangkut tim tamu (Persebaya) menuju Stadion Kanjuruhan. Tergantung nanti situasi dan kondisi di lapangan seperti apa. Jika memang memungkinkan diangkut menggunakan bus, kami selaku pihak pengamanan juga menyediakan bus khusus untuk tim Persebaya,” terang Sunardi.

Jika di-flash back, jumlah personel yang disiagakan dalam laga Arema melawan Persebaya ini tergolong lebih banyak jika dibandingkan dengan beberapa laga sebelumnya. Saat Arema menjamu Persib Bandung beberapa waktu lalu, Polres Malang hanya menerjunkan sekitar 1.300 personel gabungan. Sedangkan pada pertandingan selain big match, Polres Malang hanya mengerahkan sekitar 700 personel.

”Kami berharap pertandingan antara Arema menghadapi Persebaya dapat bejalan aman, lancar, serta kondusif hingga pertandingan benar-benar selesai. Kami sering berkolaborasi dengan Aremania. Kami yakin laga bakal berjalan tertib,” tutup Sunardi.

 


End of content

No more pages to load