Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sutiaji Yakin Lulusan Fakultas Syariah UIN Malang Amanah dan Adil Perkara Hukum

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Yunan Helmy

16 - Aug - 2019, 13:52

Placeholder
Wali Kota Malang, Drs Sutiaji (Foto: Humas)

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memiliki jurusan-jurusan yang terintegrasi dengan ajaran Islam. Contohnya saja Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah. Jurusan ini mempelajari tentang dasar hukum Islam, seperti peradilan agama, administrasi perdata Islam, advokasi, metode mediasi, serta metode menentukan hukum Islam yang akan digunakan.

Lalu ada juga Jurusan Hukum Bisnis Syariah. Jurusan ini mempelajari hukum bisnis atau perdagangan yang sesuai dengan perekonomian syariah.

Lantaran terintegrasi dengan Islam ini, Wali Kota Malang Sutiaji  pun yakin lulusan Fakultas Syariah UIN Malang akan berbeda dengan lulusan kampus lain. Dengan meresapi nilai-nilai ketuhanan, tentunya lulusan UIN Malang diharapkan akan lebih amanah dan adil dalam memutuskan perkara hukum.

Hal ini dikatakan Sutiaji dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas 2019 (15/8/2019). “Amanah dan adil ialah sifat yang saya yakin dimiliki oleh lulusan Fakultas Syariah,” ucapnya di hadapan mahasiswa baru UIN Malang di aula gedung C lantai 3 tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh pria kelahiran Lamongan tersebut setelah melihat fenomena carut-marutnya hukum di Indonesia. Menurut Sutiaji, hukum sepatutnya tidak berpihak hanya pada orang berharta dan memiliki kekuatan. “Hukum ada untuk mengungkap kebenaran,” jelasnya.

Ia pun memaparkan, lulusan UIN Malang seharusnya tak hanya menjadi orang yang di belakang. Namun menjadi seorang pemimpin yang terdepan.

Pemimpin jebolan kampus berlogo ulul albab itu tentu akan sangat berbeda dengan orang lain. Ia yakin, lulusan UIN Malang khususnya Fakultas Syariah akan lebih bermoral.

Bapak empat anak ini menjabarkan tiga unsur yang harus dimiliki seorang pemimpin. Yakni kompetensi, integritas, dan moral. “Pemimpin yang memiliki tiga unsur tersebut akan menjadi uswatun hasanah bagi masyarakatnya,” pungkas alumni IAIN Malang (saat ini UIN Malang) Fakultas Tarbiyah tersebut. 

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang Fakultas-Syariah-Universitas-Islam-Negeri-Maulana-Malik-Ibrahim Wali-Kota-Malang-Sutiaji Pengenalan-Budaya-Akademik-dan-Kemahasiswaan-fakultas-2019



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Yunan Helmy