Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Kembali Beredar Broadcast Pregesterex, Obat yang Digunakan Pemerkosa dan Bisa Buat Wanita Mandul

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Aug - 2019, 17:55

Placeholder
Ilustrasi Progesterex (inilahdotcom)

Grup-grup WhatsApp, beberapa hari belakangan, sempat diramaikan dengan beredarnya pesan yang tertulis bersumber dari Mabes POLRI, Departemen Kesehatan (Depkes) dan DPP Yayasan Peduli Kesehatan Masyarakat Indonesia (YPKMI) serta sempat mencatut seorang anggota polisi bernama Agus Susanto, anggota Sat Narkoba Polres Kabupaten Tanggerang.

Pesan tersebut mengenai adanya jenis obat baru bernama Progesterex. Dalam pesan tersebut dijelaskan, jika Progesterex digunakan oleh para pemerkosa untuk memperkosa maupun mensterilkan korban.

Dalam pesan itu juga dikatakan, jika pil kecil yang digunakan untuk mensterilisasi itu, seringkali digunakan dalam perayaan pesta, diskotik maupun perayaan reuni dan lainnya. Bahkan dalam pesan itu, juga dijelaskan, jika efek Progesterex bisa sampai membuat wanita yang mengkonsumsinya tak akan pernah hamil.

Selain itu, dijelaskan juga, jika obat tersebut sebenarnya digunakan untuk mensterilkan hewan seperti kuda, jerapah dan binatang besar lainnya. Dan obat tersebut bisa didapat pada dokter hewan maupun toko binatang.

Obat tersebut biasanya dikonsumsi bersamaan Rohypnol ini semacam effervescent tablet atau obat bius yang cepat larut di dalam air. Di dalam pesan juga tertulis imbauan agar masyarakat yang memiliki anak maupun saudara perempuan, untuk bisa berhati-hati dan tidak menerima minuman dari orang atau laki-laki yang tidak dikenal.

Menanggapi hal itu, Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, ketika dikonfirmasi MalangTIMES mengatakan, jika pesan tersebut adalah kabar bohong atau hoaks.

Pihaknya telah mengklarifikasikan pesan tersebut dengan jajaran Polda Jatim, memang dinyatakan pesan tersebut pesan hoaks dan merupakan pesan lama yang kembali dikirim oleh seseorang yang tak bertanggung jawab maupun mungkin saja mereka yang belum mengetahui kebenaran berita tersebut.

"Sudah saya tanyakan ke Polda berita ini hoaks. Ini berita lama. Saking lamanya sampai lupa, ternyata hoax," ungkap Kasubbag Humas Polres Malang Kota yang akrab disapa Uti ini (19/8/2019).

Kasat Reskoba Polres Malang Kota, Iptu Rahmad Ridho Satriyo juga mengatakan hal senada dengan Kasubbag Humas. Pihaknya mengatakan jika berita tersebut merupakan berita hoaks lama, yang diramaikan lagi.

"Infonya berita lama. Hoaks beritanya," ungkapnya singkat ketika dihubungi MalangTIMES lewat sambungan WhatsApp.

Dan ketika MalangTIMES, mencoba melakukan penelusuran mengenai hal tersebut, memang ditemukan sebuah artikel dari detikdotcom yang ditulis pada tahun 2017. Pada artikel tersebut, memang terdapat pesan yang sama persis dengan yang terbroadcast kembali ke grup-grup WhatsApp.

Sementara dikutip dari detik, untuk nama personel kepolisian Agus Susanto, memang benar merupakan seorang anggota Sat Narkoba Polres Tangerang. Namun dijelaskan dalam artikel tersebut, jika Agus sendiri tidak pernah merasa membuat atau menyebarkan berita tersebut.

Bahkan dalam Wikipedia, Progesterex dinyatakan adalah obat fiktif yang menjadi berita bohong yang telah beredar di internet dengan isu bisa menyebabkan sterilisasi dan digunakan untuk memperkosa. Hoaks ini mulai beredar sekitar tahun 1999 melalui media surat elektronik. Tidak ada obat yang dinamai dengan nama ini di dunia nyata.

Sementara itu, berikut ini isi pesan hoaks yang kembali beredar di grup WhatsApp.

" *TOLONG DI BACA dan SEBARKAN  INFORMASI PENTING* "copy paste dari Bpk. Agus Susanto - Sat Narkoba Polres Kab. Tangerang"

Yang Punya ANAK gadis, ADIK perempuan,
KAKAK perempuan atau ANDA sendiri,
semua yang berbau PEREMPUAN.....!!!

informasi penting .....

Telah beredar sebuah obat baru yg bernama *"Progesterex"*.

Obat ini adalah pil kecil yg digunakan untuk mensterilisasi. Obat ini sekarang dipakai oleh para pemerkosa pada, Perayaan pesta, Pub, Discotique, Perayaan Reuni dsbnyal

Untuk memperkosa & mensterilisasi korbannya. Progesterex dasarnya dijual di beberapa dokter hewan & toko binatang,& digunakan untuk hewan besar.

Obat tersebut biasanya digunakan bersamaan dengan Rohypnol (Roofies) semacam obat bius, Pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

Rohypnol ini semacam *effervescent tablet* yang cepat larut didalam air.

Pelaku hanya tinggal memasukan *Rohypnol & Progesterex* kedalam minuman & Korban tidak akan pernah ingat apa yang telah terjadi pada malam/pagi/siang/ sore itu & Progesterex akan membuat si wanitaTIDAK AKAN HAMIL Hingga si pemerkosa akan tetap bebas berkeliaran.

Tetapi yang perlu diperhatikan, *EFFECT PROGESTEREX GAK SEMENTARA*. Progesterex dibuat untuk mensterilkan kuda, jerapah & binatang besar lainnya.

Setiap wanita yang telah meminumnya *TIDAK AKAN PERNAH MENGANDUNG LAGI SEUMUR HIDUPNYA*. Kalau bisa di share sekarang !!! *PEDULI PEREMPUAN*, Harap Di Share ke teman2 dan saudara yang lain karena sangat bermanfaat !!!

NB : *Jangan Pernah menerima minuman dari laki laki yg tidak kita kenal dgn alasan ingin berkenalan atau tdk kita kenal baik*

Semoga bermanfaat.
Informasi dari :

*Mabes POLRI,* *DepKes dan DPP YPKMI* *(Yayasan* 
*Peduli Kesehatan Masyarakat Indonesia).*

Jangan ^bosan kalau terima peringatan ini berkali kali. Supaya kita tetap ingat dan selalu waspada.......(kasih ibu dan anak anak)".

 


Topik

Hukum dan Kriminalitas malang berita-malang Departemen-Kesehatan Mabes-POLRI Yayasan-Peduli-Kesehatan-Masyarakat-Indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni