Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

5 Alasan Mengapa Harus Perbanyak Makan Sayuran

Penulis : - Editor : Redaksi

27 - Feb - 2015, 16:49

Placeholder
Ilustrasi sayur-mayur segar

TIMESINDONESIA, Malang - Mengonsumsi sayuran untuk makanan sehari-hari memang sangat penting. Namun, karena kebiasaan dari kecil yang tidak suka makan sayur, banyak dari kita membencinya. Padahal, tidak ada program diet yang sehat tanpa anjuran memperbanyak asupan sayur-sayuran.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang berpikir dapat tetap hidup sehat tanpa mengonsumsi sayuran, berikut MalangTimes sajikan beberapa alasan yang mungkin dapat merubah perspektif Anda. Dilansir dari Mag for Women, ini dia keuntungan dari mengonsumsi sayur-sayuran.

1. Membantu mengurangi berat badan

Jika Anda ingin mengatur pola makan karena ingin mengurangi berat badan, maka memperbanyak konsumsi sayuran adalah keharusan. Kandungan serat dan vitamin dalam sayuran mampu menjalankan fungsi detoksifikasi dalam tubuh, dan mengontrol proses metabolisme.

2. Kulit terlihat lebih cerah

Orang yang sering memakan sayuran akan memiliki kulit lebih cerah dibanding mereka yang tidak memakannya. Penelitian menemukan, kandungan karotenoid dalam sayuran seperti bayam, paprika merah dan kuning, mampu menyehatkan serta mencerahkan kulit.

3. Meningkatkan fungsi mata

Antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi resiko berbagai penyakit. Sayuran seperti wortel mengandung banyak vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda.

4. Mencegah resiko kanker dan diabetes

Hal ini sudah terbukti, bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi sayuran memiliki resiko terkena penyakit kanker lebih rendah daripada mereka yang sama sekali tidak memakannya. Selain itu, kandungan dalam sayuran dapat mengurangi kadar gula jahat dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Memperbanyak konsumsi sayuran dapat mengurangi resiko terkena stroke, menjaga kestabilan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol sehingga tidak memberatkan fungsi kerja jantung Anda.

Nah, dengan manfaat mengonsumsi sayur-sayuran seperti di atas, masihkah Anda ogah-ogahan makan sayur?


Topik

Kesehatan sayur-mayur tips-dan-trik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi