Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Ini Dia 7 Cara Mudah Hindari Bau Kaki

Penulis : Nur Mufidha Muliana - Editor : Redaksi

21 - Mar - 2015, 14:20

Placeholder
Foto: huffpost.com

TIMESINDONESIA, JAKARTA - Pernahkah Anda terganggu dengan bau kaki? Nah, ternyata, bau kaki sangat mudah dihindari dengan menerapkan beberapa tips. Penasaran? Dilansir dari Mag for Women, ini dia selengkapnya!

1. Cuci Kaki dengan Scrub

Mencuci kaki setiap hari dengan sabun ternyata tidak cukup membunuh bakteri penyebab bau kaki. Anda harus mencuci sekaligus membersihkannya dengan scrub kaki dan mengaplikasikannya menggunakan sikat lembut atau washlap.

2. Pastikan Kaki Selalu Kering

Banyak lotion atau moisturizer kaki justru membuatnya senantiasa lembab. Padahal, kondisi lembab pada kaki justru membuat pertumbuhan bakteri kian meningkat. Untuk itu, Anda harus memastikan kaki benar-benar kering jika ingin memakai sepatu kembali.

3. Ganti Kaus Kaki Setiap Hari

Memakai kaus kaki seharian tentu menyebabkan timbulnya bau menyengat. Hal ini disebabkan pori-pori kaki tidak bisa ‘bernapas’ bebas. Untuk itu, mengganti kaus kaki setiap hari adalah kewajiban jika Anda ingin terhindar dari bau kaki. Gunakan bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat.

4. Pastikan sepatu Anda berkualitas

Sepatu yang terbuat dari plastik atau sintetis tidak memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kaki. Anda harus memastikan sepatu Anda tidak membatasi kaki untuk ‘bernapas’.

5. Berikan Kesempatan Kaki untuk Tidak Memakai Sepatu

Anda boleh menggunakan sandal jika bepergian ke acara nonformal. Jika di rumah saja, maka biarkan kaki Anda tanpa alas demi menjaga kesehatannya.

6. Manjakan Kaki dengan Rendam Menggunakan Air Hangat

Merendam kaki dengan air hangat selama 15-20 menit akan membantu merileksasi kaki dan mencegah bau kaki. Anda dapat melakukannya setiap hari.

7. Bersihkan Sepatu

Jika semua treatment sudah dilakukan tetapi masih saja kaki menimbulkan bau, bisa jadi karena sepatu Anda kotor. Anda harus membersihkannya, dan menjaga sepatu agar tidak lembab dengan menyimpannya di tempat yang benar.

Dengan menerapkan 7 tips di atas, semoga Anda senantiasa terhindar dari bau kaki yang merugikan. Selamat mencoba!


Topik

Kesehatan Tips-dan-Trik Mempercantik-Diri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Mufidha Muliana

Editor

Redaksi