Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Menilik Kuliner Serba Kentang Khas Suku Tengger

Penulis : Faishal Hilmy Maulida (MG3) - Editor : Redaksi

15 - Aug - 2015, 12:25

Placeholder
Aneka olahan kuliner dari kentang khas suku Tengger (Foto: Hilmy / MALANGTIMES)

JATIMTIMES, MALANG - Suku Tengger selain dikenal dengan keragaman masyarakatnya yang dinamis dan selalu guyub rukun, dikenal pula sebagai salah satu wilayah dengan penghasil Kentang terbesar di Jawa Timur.

Nampak ketika MALANGTIMES (TIMES INDONESIA NETWORK), Jum'at (14/8/2015) berkunjung ke Desa Ngadas yang merupakan desa adat suku Tengger. memasuki perkampungan ini, suguhan lukisan alam Sang Pencipta memukau kita. Di kanan dan kiri jalan pemandangan indah perkebunan kentang yang disusun teras iring mengikuti alur lahan yang miring.

Suguhan aneka olahan kentang yang disajikan masyarakat sekilas tampak biasa, seperti perkedel dan keripik kentang. Namun ada yang unik seperti kue kentang, bentuknya bulat seperti kue jemblem dan beberapa olahan kue lainnya.

Kemudian ada oseng kentang, bahkan juga ada sayur kentang, kalau diperhatikan rasanya seperti soto, pun warnanya juga sama namun apabila soto pada umumnya adalah berisi daging sapi maupun ayam, namun bukan keduanya melainkan kentang isinya.

"Disini semua kuliner serba kentang mas, karena produksi kentang disini melimpah," kata salah seorang warga asli Tengger.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam budaya masyarakat Tengger dalam menyambut tamu, masyarakat sekitar juga guyub rukun khususnya dalam menyumbangkan sebagian kentang hasil produksinya yang kemudian diolah menjadi berbagai olahan kentang khas Tengger. (*)


Topik

Kuliner Kuliner-Kentang Kuliner-Khas-Tengger



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Faishal Hilmy Maulida (MG3)

Editor

Redaksi